Curanmor Dominasi Kejahatan di Kota Sentani

SENTANI, Reportasepapua.com – Pencurian kendaraan bermotor (curanmor) menjadi jenis kejahatan yang paling mendominasi angka kriminalitas di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura sepanjang bulan September tahun 2020 ini.

Berdasarkan catatan Unite Reskrim Pollsek Sentani Kota hingga akhir bulan September ini tercatat ada 16 laporan polisi. 12 diantaranya adalah perihal curanmor.

Sementara 4 laporan lainnya merupakan tindak pidana umum yakni pengeroyokan, pencurian dan penganiayaan.

Hal ini diungkapkan Kapolsek Sentani Kota, AKP. ruben Palayukan melalui Kanit Reskrim Polsek Sentani Kota, Ipda Aan Anwas saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Selasa (29/09).

“Yang menonjol dari segi kwantitasnga itu adalah kasus curanmor. Untuk kasus curanmor yang dilaporkan ke kami hingga saat ini sebagian besar dalam proses penyelidikan. Karena lidik inikan tidak diketahui siapa pelakunya karena curanmor inj berbeda dengan kasus lainnya yang langsung bisa diketahui siapa pelakunya” tukasnya.

Meski begitu, sudah ada beberapa laporan yang saat ini tengah dalam pemrosesan dan sudah dilimpahkan ke Kejaksaan.

“Kemarin itu ada 3 kasus yang sudah kami tahap dua atau penyerahan tersangka beserta barang bukti ke kejaksaan. 1 kasus curanmor, 1 kasus penganiayaan dan 1 kasus pembunuhan. itu sudah kami serahkan hari senin lalu” tukas Aan.

Dia menambahkan, secara keseluruhan laporan masyarakat yang ditangani Polsek Sentank Kota mulai Januari hingga September 2020 tercatat ada 253 laporan.

“Itu bermacam-macam, ada Curanmor, penganiayaan, pencurian, pembunuhan ataupun pengeroyokan, jadi bukan hanya di bulan september saja kalau dari segi kwantitas sejak awal tahun 2020, kasus curanmor memang sangat menonjol. Tapi dari segi kwalitas ada kasus pembunuhan” tambahnya.Diapun menungkapkan, dari total 253 kasus yang dilalorkan ke Polsek Sentani Kota terdapat 56 kasus yang berhasil diselesaikan.

“Jadi kalau di prosentasekan ada sekitar 20an persenlah, kenapa tidak bisa sampai 100 persen atau 50 persen, karena itu kasus yang menonjol sejak awal tahun itu ya curanmor yang masih kita lidik, karena kamipun belum tau siapa pelakunya. beda halnya kalau penganiayaan, jelaskan laporannya saya dipukul sama ini dan ini” tambahnya.

Dia kembali menambahkan bahwa pada tahub 2020 ini jumlah kasus yang ditangi Polsek Sentani Kota berkurang dari tahun sebelumnnya. (yurie)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,952FansSuka
2,766PengikutMengikuti
17,700PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles