Curanmor Duduki Peringkat Pertama Kasus Kriminal di Jayawijaya

0
116

WAMENA, Reportasepapua.com – Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Papua Resort Jayawijaya menggelar Operasi Rutin.

Selain untuk menegakkan ketertiban di jalan raya juga bertujuan untuk menciptakan kenyamanan masyarakat beraktivitas, serta menekan angka kecelakaan, jambret, dan tingginya kasus curanmor.

Kapolres Jayawijaya, AKBP. Dominggus Rumaropen S.Sos MM mengungkapkan khusus tentang Crime di jalan raya dalam 3 tahun terakhir ini tercatat curanmor mencapai angka 250 kasus ditahun 2017, meningkat menjadi 261 pada tahun 2018, dan di tahun 2019 tercatat ada 137 kasus.

Diakuinya, disusul pencurian biasa (curbis) 258 kasus, pencurian dengan kekerasan (curas) 160 kasus, penganiayaan biasa (anibis) 178 kasus, dan pembunuhan 19 kasus, sehingga dari semua kejadian itu, kasus curanmor menduduki rangking pertama di Jayawijaya.

“Curanmor rangking pertama selama tiga tahun terakhir sebanyak 648 kasus. Dari kasus curanmor itu berdampak pada jambret, yang mana sangat meresahkan masyarakat,” ungkap Rumaropen saat ditemui di Mapolres Jayawijaya Sabtu (08/20).

Untuk menjaga ketertiban dan mematuhi aturan berlalulintas, Kapolres Jayawijaya, AKBP. Dominggus Rumaropen S.Sos,MM menghimbau kepada masyarakat pengendara roda dua, agar melengkapi surat-surat, berplat nomor, dan memarkir kendaraan pada tempat yang dipastikan aman.

Kasat Lantas Polres Jayawijaya, IPTU Baharudin menegaskan, selama melaksanakan razia telah terjaring beragam jenis pelanggaran, seperti pengendara roda dua tidak ber-SIM, STNK, dan motor tidak berplat nomor.

Diakuinya, penyelesaian pelanggaran ini, Polres melayani penyerahan motor, jika pemiliknya menunjukan surat-surat kendaraan dan memenuhi aturan tilang.

Kepada masyarakat pemilik motor yang belum ada plat nomor, Kasat Lantas Polres Jayawijaya, IPTU Baharudin juga menghimbau, agar segera mengurusnya di Kantor SAMSAT dengan menunjukan STNK kepada petugas kepolisian untuk diarahkan pembuatan duplikatnya.

“saya juga menyarankan untuk masyarakat pengendara motor yang belum memiliki STNK dapat ke sentra pelayanan Polres Jayawiaya supaya diberikan cara mengurusnya”. Tutupnya. (Afri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here