YAPEN, REPORTASEPAPUA.COM – Dalam rangka membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat ke-bhinneka tunggal ika-an dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Kodim 1709/Yawa mengadakan Pembinaan Wawasan Kebangsaan yang diadakan di Aula Jend. Sudirman Makodim 1709/Yawa Kabupaten Kepulauan Yapen, Pada Rabu (27/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh para Aparat Kampung, Purnawirawan TNI, Anggota Veteran, FKPPI, Tokoh Agama, Tokoh Wanita, Tokoh Adat dari IKAJATIM, IKAMA, PANJAWI, KMB, NTB dan Pemuda Pancasila, Pramuka, Mahasiswa STIE Ottow & Geissler Serui serta para pelajar dan komponen masyarakat lainnya.

Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Leon Pangaribuan, S.H dalam kegiatan ini menuturkan bahwa untuk mempertahankan keutuhan wilayah NKRI, sudah sepatutnya kita menjadi Warga Negara Indonesia yang seutuhnya, caranya adalah dengan mengamalkan kelima sila Pancasila, mematuhi segala aturan maupun hukum adat yang berlaku di kampung-kampung dan meningkatkan kewaspadaan, kekompakan, kerjasama dan tali persaudaraan diantara warga masyarakat yang memiliki perbedaan Suku, Adat, Ras dan Agama.

“Kepada para mahasiswa dan para pelajar, diharapkan agar selalu memiliki kepribadian yang baik, bermental baja, berdisiplin tinggi dan memiliki pengetahuan yang tinggi pula, karena dengan cara itulah, kalian para generasi penerus bangsa ini nantinya dapat menjadi orang yang sukses dan tentunya dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya kesejahteraan masyarakat papua,” Tegasnya.

“Marilah kita seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah yapen yang kita cintai ini, untuk bersama-sama bergandengan tangan dan satu pikiran untuk selalu menciptakan kamtibmas yang kondusif demi menjaga keutuhan wilayah ini,” Tambahnya.

Diakhir kegiatan Kodim 1709/Yawa juga memberikan beberapa permainan ketangkasan yang dapat menanamkan kedisiplinan, kekompakan, kerjasama dan pantang menyerah kepada pramuka dan para pelajar. (Redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here