Wondama, Reportase Papua.com – Dapat Nilai B Indeks Reformasi Birokrasi (RB), rapor Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Daerah kabupaten Teluk Wondama sejak tahun 2018.

Pemda Teluk Wondama saat ini mengantongi nilai 60 untuk RB SAKIP, diharapkan oleh bupati Teluk Wondama Bernadus A Imburi agar SAKIP 2019 segera diselesaikan dalam waktu tidak lama ini.

Predikat nilai B tentunya bukan hal muda bagi pemda Wondama mencapai itu, Imburi mengatakan predikat B dan nilai 60 yang merupakan nilai tertinggi di Provinsi Papua Barat, itu berkat kerja keras Sekda dan jajarannya yang begitu gigih terus menerus melakukan efisiensi anggaran pemerintah daerah.


“Indeks Reformasi Birokrasi, kita bersyukur ini kerja sama sekda dan seluruh jajarannya yaitu kepala OPD bendahara barang, bendahara uang, SAKIP di Papua Barat hanya Wondama dan Raja Ampat yang menyandang nilai B,” ujar Imburi dengan hati riang, kepada sejumlah wartawan diruang meetingnya, Kamis, (2/7).


Penerapan SAKIP tentunya agar dapat mewujudkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran di lingkungan instansi pemerintah.


“Reformasi Birokrasi kita mendapat nilai 60/40 itu adalah nilai tertinggi di Papua Barat sementara saat ini tim sedang bekerja untuk SAKIP 2019 yang akan kita terima hasilnya tahun ini,”ujar dia.


Selain peningkatan efisiensi penggunaan anggaran, dengan penerapan SAKIP yang baik tentunya setiap program dan kegiatan yang dilakukan instansi pemerintah menjadi lebih fokus pada sasaran pembangunan. Imburi yakin dengan predikat B SAKIP 2018 Wondama telah mengantongi sejumlah dokumen penting dengan baik dan teratur. Namun kata Imburi semua itu berkat kerja keras Sekda dan para kepala OPD pemda Wondama.


“Setiap OPD punya SAKIP dan indeks RB yang dikumpul dan di laporkan, ini merupakan kerja keras semua OPD, semua OPD menunjang dan kita dapat nilai B dan atas kerja keras semua, kita dapat nilai yang bagus juga yaitu 60 tertinggi di Provinsi Papua barat. Itu berarti beberapa dokumen penting pemerintah daerah sudah lumayan baik dan aman berkat kerja keras sekda dan seluruh OPD,”jelas Imburi.


Dengan penuh semangat Imburi berharap seluruh Jajarannya tetep Optimis untuk Wondama lebih maju lagi, “Karena fasilitas dipusat terganggu jadi kita kerja manual saja, saya harap SAKIP tahun 2019 yang kita kerjakan ini tetap dapat B tapi nilainya harus naik,”tutup Imburi. (SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here