Di Masa New Normal, Jasa Raharja Cabang Papua Optimalkan Pencegahan Kecelakaan dan Pelayanan Terhadap Masyarakat

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dalam masa adaptasi New Normal PT Jasa Raharja berkomitmen dengan terus melakukan upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang menjadi korban kecelakaan yang terjadi di sepanjang tahun 2020.

Kepala PT Jasa Raharja Cabang Papua, Marganti Sitinjak mengatakan, upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan kepada Petugas Mobile Service, melaksanakan pelayanan santunan kepada Ahli Waris korban yang meninggal dunia dan kunjungan rumah sakit terhadap korban kecelakaan yang luka-luka, proses santunan dilakukan dengan Program Jemput Bola dan memanfaatkan media sosial untuk kordinasi dengan cepat dengan mitra terkait untuk membantu mengurangi fatalitas akibat kecelakaan yang dialami korban.

Serta melakukan sosialisasi melalui media sosial, dialog interaktif di TVRI Papua dan RRI Jayapura tentang informasi hak santunan serta kewajiban masyarakat, bahwa seluruh santunan yang diserahkan bersumber dari pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan bersama dengan Pajak Kendaraan bermotor di Samsat dan Iuran Angkutan Penumpang Umum Darat Laut dan Udara, dimana pelaksanaan program ini tidak lepas dari kerjasama dan kordinasi dengan mitra kerja Kepolisian, Dishub, Rumah Sakit, dan instansi terkait lainnya.

“Sampai dengan Agustus 2020 tercatat Jasa Raharja Papua telah membayarkan santunan sebesar Rp16.858.499.983, jumlah ini menurun 5,71 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 sebesar Rp17.879.978.250”kata Marganti, Senin (14/9).

Dari data tersebut, kata Marganti dapat terlihat jumlah Total Nilai Santunan yang disalurkan oleh PT Jasa Raharja Cabang Papua kepada korban kecelakaan lalu lintas jalan dan angkutan penumpang umum yang terjamin UU No. 33 dan 34 Tahun 1964 tahun 2020 lebih kecil dibandingkan tahun 2019 artinya tingkat kecelakaan yang terjadi di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat menurun.

“Oleh karena itu, kami menghimbau kepada masyarakat Papua untuk tetap tertib berkendara, mematuhi rambu-rambu lalu lintas agar di tahun 2021 nantinya tingkat kecelakaan dapat menurun dan kami mengingatkan agar tetap mematuhi protokol kesehatan agar Pandemic ini boleh segera lenyap dari bumi Cenderawasih kita ini,” tuturnya. (Ananda)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,877PengikutMengikuti
18,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles