Wondama, ReportasePapua.com – Pengumuman Hasil Tes Calon pegawai negeri Sipil (CPNS) formasi 2018 Pemda Wondama ditunda. Penundaaan tersebut berdasarkan keputusan Gubernur Papua barat Dominggus Mandacan ketika memimpin rapat melalui meeting zoom bersama bupati se Provinsi Papua barat.

Penundaan tersebut dilakukan karena ada bebrapa kabupaten kota di provinsi papua Barat merasa keberatan terkait hasil tes CPNS sehingga masih melakukan konsultasi di Kemenpan.

Sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Gubernur Papua Barat Pada 3 pekan lalu sudah melahirkan kesepakatan yaitu hasil tes CPNS formasi 2018 di umumkan pada Rabu 30 Juli 2020 besok ini. Namun karena hal tersebut di atas Gubernur akan melakukan rapat lagi dengan seluruh bupati dan wali kota se Provinsi Papua Barat guna menyepakati dan memutuskan kapan akan diumumkan hasil ters CPNS formasi 2018.

“Kami telah ikut rapat bersama Gubernur Papau barat dan telah mendapat keputusan pengumuman hasil tes CPNS formasi 2018 belum di umumkan pada 30 Juli 2020,” kata wakil bupati Kabupaten Wondama Paulus Y Indubri kepada Reportase Papua.com, usai mengikuti kegiatan meeting zoom bersama Gubernur dan bupati serta wali kota se provinsi Papua Barat di ruang meeting sasana karya Wondama, Rabu, (29/7).

Kata Indubri penundaaan pengumuman hasil tes CPNS formasi 2018 merupakan keputusan Gubernur yang wajib di patuhi setiap darah. Penundaan pengumuman itu disebabkan ada bebrapa kabupaten kota yang masih melakukan konsultasi di kemenpan terkait hasil tes CPNS formasi 2018. Seluruh bupati dan wali kota se Provinsi Papua Barat akan menghadiri rapat keputusan pengumuman hasil pada hari Senin 3 Agustus 2020 pekan depan ini.

“Dalam rapat virtual bersama disampaikan pengumuman untuk hasil tes CPNS akan dirapatkan kemudian pada hari Senin mendatang bersama seluruh bupati se provinsi Papua Barat oleh sebeb itu pengumuman untuk besok ditunda, sampai nanti ada keputusan pada hari Senin, sebab masih ada bebrap akabupaten kota yang belum siap umumkan hasil tes CPNS formasi 2018. Jadi besok belum diumumkan, kita masih tunggu Petunjuk Gubernur” ujar Indubri.

Terkait hasil meeting zoom itu Indubri tegaskan, bukan hanya kabupaten Wondama saja yang batal umumkan tetapi seluruh kabupaten kota yang ada di provinsi papua barat.

“Bukan Wondama saja tetapi semua kabupaten kota kemungkinan besar belum mengumumkan hasil tes CPNS sebab Senin pekan depan harus bertemu gubernur dulu,”ujar Dia.

Dia menambahkan, khsusu untuk kabupaten teluk Wondama pada prinsipnya pemerintah daerah telah berupaya semaksimal mungkin bagaimana mengakomodir anak asli Papua tapi toh masih saja ada formasi yang tidak di lamar oleh Orang Asli Papua (OAP).

“Lulus sesuai dengan nilai yang ada tetapi pemda wondama sudah bantu mengoptimalkan hasil capaian 80 persen OAP semaksimal mungkin, bagaimana mengakomodir anak-anak papua dalam proses seleksi CPNS kemarin Pemda Wondama sudah berupaya keras, sebab banyak Formasi yang tidak di isi asli Papua,”tukas Indubri.

Sementara kepala Badan Kepegawian Daerah dan Sumber Daya Manusia (BKDSDM) pemda Teluk Wondama, Ujang P Waprak mengungkapkan kembali jumlah formasi untuk kabupaten teluk Wondama dalah 300 dengan berbagai bidang namun ada bidang-bidang yang tidak di isi oleh Orang Asli Papua (OAP).

Dia mencontohkan seperti, bidang guru matematika, dokter hewan, padahal kata ujang Wondama membutuhkan sumber daya itu untuk mengisi kekosongan yang ada. “300 formasi itu terdiri dari guru kesehatan kemudian juga tenaga medis dan tenaga teknis lainnya seperti teknik sipil hukum teknik informatika perikanan pertanian, semua adalah formasi tahun 2018, namun ada beberapa formasi seperti dokter hewan sema sekali tidak dilamar, guru matematika pelamar OAP masih sangat kurang,”tutur Ujang.

Dia katakan, harusnya 30 Juli 2020 hasil tes diumumkan namun sayangnya beberapa kabupaten lain belum siap dan masih melakukan konsultasi di kemenpan itu merupakan salah satu alasan hasil pengumuman di tunda. Khusus untuk kabupaten Wondama sudah sangat siap mengumumkan hasil tes CPNS namun tetap harus menunggu keputusan Gubernur.

“Hari ini rencana kita menerima surat dari gubernur terkait pengumuman itu, namun sampai dengan hari ini surat tersebut belum kami terima namun secara lisan setelah kita berkoordinasi ada dua poin dalam koordinasi tersebut yang pertama pengumuman tanggal 30 ada kemungkinan diundurkan dan yang kedua ada daerah yang belum siap mengumumkan hasil tes CPNS, kita tetap menunggu keputusan Gubernur pada Senin pekan depan ini, sesuai dengan yang dikatakan Gubernur pada meeting zoom tadi,” tutup Ujang (SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here