JAYAPURA,REPORTASEPAPUA.COM – Rapat Pleno Rekapitulasi Tingkat Provinsi Sudah dibuka secara tesmi sejak sabtu (28-04-2019) kemarin. Namun pleno langsung di skor karena belum adanya Kabupaten yang datang ke Provinsi untuk melakukan rekapitulasi. 

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Theodorus Kossay kepada pers usai memberikan sambutan Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Suara Tingkat Provinsi Pada Pemilu tahun 2019 disalah satu hotel Kota Jayapura, Sabtu 27 April 2019.

Mengatakan bahwa pada dasarnya rekapitulasi di tingkat PPD sedikit demi sedikit mulai berkurang.

Dicontohkan seperti KPU Kabupaten Biak bahwa mereka sudah Pleno sejak tanggal 24 April hingga saat ini masih dibuka, karena Setiap Kabupaten memiliki jumblah Distrik yang berbeda beda.

Dijelaskan juga bahwa tim KPU Provinsi sejak tanggal 26 Malam sudah berkoordinasi kepada seluruh Kabupaten/Kota agar mengisi formulir yang menyatakan kesiapan mereka pada tanggal berapa, agar kami sampaikan kepada para saksi dari partai tersebut.

” Berbeda dengan Kabupaten Biak yang telah Pleno ditanggal 24 April, KPU Nabire menyatakan dalam form tertulis pihak mereka siap ditanggal 29 April, ” ungkap Kossay

Pihak nya juga berharap agar KPU dan Bawaslu tingkat Kabupaten/Kota dapat menyelesaikan rekap dan diserahkan ke Provinsi Papua sebelum tanggal 12 Mei 2019 yang ditetapkan sebagai hari penutupan Rekapitulasi tingkat Provinsi Papua, karena ditanggal 13 Mei 2019 adalah Rekapitulasi Penghitungan Suara tingkat Nasional.

Senin Besok direncanakan KPU Biak dan KPU supiori telah siap untuk membacakan gasil rekapitulasinya. ( berti )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here