Dinas Kelautan dan Perikanan Siapkan Pangan Bagi Warga Terdampak

0
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi Afdiner Saragih

SENTANI, Reportasepapua.com – Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menyiapkan berbagai langkah antisipatif dalam rangka menangani dampak wabah virus Corona atau Covid-19 terhadap masyarakat yang saat ini sedang menjalani karantina wilayah tertentu di Pasar Lama Sentani, dengan cara membagikan pangan ikan.

Program ini juga bertujuan untuk menghidupkan kembali perekonomian para nelayan yang saat ini juga terkena dampak akibat Covid-19.

“Sesuai dengan petunjuk Bupati Jayapura kepada kami di Dinas Kelautan dan Perikanan, akan melaksanakan beberapa kegiatan yang bertujuan untuk meminimalisir dampak dari penyebaran Covid-19,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Jayapura, Ir. Rudi Afdiner Saragih kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (29/4).

Lanjut Rudi Saragih mengatakan akibat pandemi Covid-19 ini telah berdampak pada rendahnya pemasaran dan pemutusan pemasaran ekspor sektor perikanan di Kabupaten Jayapura. Namun agar kegiatan budidaya dan penangkapan tetap berlangsung di tingkat lapangan, para pelaku usaha, nelayan dan pembudidaya dan pengolah. Salah satu program yang akan dilakukan pihaknya adalah akan bekerjasama dengan kelompok ikan asar untuk menyediakan pangan ikan yang akan diberikan kepada para warga yang terkena dampak Covid 19. Sehingga dengan demikian para pelaku usaha sektor perikanan tetap eksis dan bertahan.

“Pertama kita akan membantu  pangan berupa ikan untuk masyarakat yang terkena dampak di wilayah yang masuk dalam kategori karantina wilayah tertentu. Dengan menyiapkan makanan ikan olahan,” katanya.

Untuk itu pihaknya akan membeli ikan dari para nelayan sehingga para nelayan ini bisa bekerjasama dengan para pengolah pengolah usaha perikanan. Dimana ada 8 kelompok pengolah ikan asar yang siap bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Jayapura  terkait dengan   pengolahan ikan. Bantuan  pangan ikan ini sangat diperlukan bagi warga yang saat ini sedang menjalani karantina supaya kesehatan dan pemenuhan gizi nya tetap terjaga selama melaksanakan karantina.

“Supaya nelayan juga dapat tertolong karena rendahnya daya beli masyarakat, kami akan bantu dengan menyediakan bahan bakar. Kami sudah bekerja sama dengan pihak Pertamina dan akan kami antar kepada kelompok-kelompok kita,” katanya.

Dia mengatakan saat ini ada sebanyak 253 kelompok nelayan di wilayah kabupaten Jayapura. Sebagian besarnya merupakan kelompok nelayan perikanan tangkap. Kata dia semua kelompok nelayan ini saat ini mengalami kerugian dan terkena dampak akibat adanya pandemic Covid 19 ini. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here