Dinas Kominfo dan BKD Pemda Wondama Bersinergi Bantu Pencaker Daftar Tes CPNS Sistem CAT

0
142
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Teluk Wondama. Ujang Waprak. (reportasepapua.com/solfi)

Wondama, Reportasepapua.com – Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) Kabupaten Teluk Wondama, Ujang Waprak menuturkan bahwa saat ini pihaknya tengah bersinergi dengan Dinas Kominfo daerah setempat untuk membantu para pencari kerja (pencaker) untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Waprak menuturkan bahwa pendaftarab tes CPNS ini sudah di buka pihaknya sejak tanggal 11 Maret 2019 lalu dan akan berakhir pada tanggal 2 April Mendatang.

Dirinya mengatakan dalam resntra waktu yang begitu Panjang para pencaker dapat langsung mendaftarakan diri di situs online http/;sscnbkn.go.id, namun kata ujang pendaftrana tersebut tetap di backup oleh tenaga-tenaga teknis yang telah disediakan oleh BKD yakni dinas Kominfo dan BKD sendiri.

“Mencermati tahapan tes CPNS pemda Wondama, untuk diketahui Bersama waktu pengumuman sejak 11 Maret hingga 2 april tapi dalam selang waktu itu para pencaker sudah bisa melakukan pendaftaran tahap pertama melalui web site http//.sscn bkn.go.id. bagi saudara-saudara yangdari pulau pulau yang masih terbatas soal pengggunaan computer akan di bantu oleh dinas kominfo dan juga BKD saya harap tahapan ini  dapat membantu masyarakatku dan keluarga kami yang kurang paham tentang penggunaan computer dan jaringan,” kata Ujang.

Sementara di tempat ynag berbeda kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemda Teluk Wondama, Rusman Tingginehe kepada media ini ketika di temuai diruang kerja menjelaskan setiap harapan pembantuan proses pengisian data secara online melalui situs http;//sscnbkn.go.id namun data persyaratan secara administrasi teknisnya harus berhubungan langsung dengan BKD.

“sejak dilakukan pembukaan penerimaan tes CPNS Pemkab teluk Wondama pada dasarkan kami dinas kominfo menerima dan menguru semua pemberkasan tampa memungut biaya dari para pencaker yang datang mengurus segala proses administrasi tes CPNS formasi tahun 2018,”. Kata Rusman.

Rusman Menjelaskan dirinya telah mengantongi data kurang lebih sejak 11 maret hingga saat ini sudah kurang lebih 1000 pencaker yang telah dibantu dalam proses penyelesaian pemberkasan pendaftaran rtahap pertama.

“ kurang lebih sudah 1000 orang ke Kominfo, kami bersedia melayani mereka dengan tenaga meski terbatas. Dalam pendaftaran ada beberapa pernyataan yang harus di penuhi. Tenaga memang kami siapkan, dan kami juga terus berkoordinasi dengan BKD setempat guna memproses data-data para pencaker. Kami dari kominfo siap membantu para pencaker ini. Mendaftar dan melamar. Kami siapkan sesuai dengan kemampuan kapasitas kami dan juga fasilitas. Persyarakat berkas dan juga usia itu mutlak persyaratan dari BKD kami hanya membatu. Kami tidak bisa memberikan penjelasan alasan secara persyaratan itu ada di pihak BKD,” Jelas Rusman.

Dia juga menambahkan, pencaker yang dating dari pulau-pilau jauh masih tetap mendapat prioritas pelayanan yang baik, “Kami juga mengutamakan putra putri daerah yang jauh dari ibu kota kabupaten dari pulau-pulau dan kami utamakan dan banyak juga yang datang dari pulau-pulau, pada intinya pemda wondama melalui dinas Komunikasi dan Informatika, siap melayanai masyarakat Wondama dalam proses pendaftaran CPNS formasi 2018 dengan baik,” ucap Rusman.

Sementara salah satu pencaker yang dimintai keterangan oleh awak media ini Endemina Baibaba, meminta agar pemda Wondama tetap memastikan kuota 80 persen untuk asli papua itu benar-benar direalisasikan dengan baik sehingga orang asli papua terutama orang Wondama dapat merasakan pemerataan keadilan sosial.

”Saya harap apa yang telah dikatakan oleh pemerintah tentang kuota 80 persen untuk orang papua itu benar-benar diperhatikan dan dilakukan untuk kami anak asli papua sebab kita di kabupaten teluk wondama juga harus di perhatikan jangan asal menerima orang Papua yang baru pinda ke kabupaten teluk wondama karena daftar CPNS. kami harap ini dapat diperhatikan dengan baik oleh pemerintah, kalua itu hak kami anak-anak Papua maka harus direalisasikan kepada kami orang Papua” singkatnya. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here