Dinas Koperasi dan UMKM Akan Ajak Pelaku Usaha Produksi APD

0
115

SENTANI, Reportasepapua.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan mengajak seluruh pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Jayapura untuk memproduksi alat pelindung diri (APD). Ajakan terhadap pelaku UMKM ini sebagai upaya turut melindungi masyarakat dari penyebaran virus Corona (Covid-19).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura Parson Horota mengatakan, APD yang dapat diproduksi oleh UMKM adalah masker yang dibuat dari kain, disinfektan dan hand sanitizer.

“Kita akan mengajak UMKM-UMKM yang mempunyai skill menjahit untuk memproduksi masker maupun jahit barang-barang lain yang berhubungan dengan penggunaan APD bagi masyarakat. Kami akan minta bantuan kepada mereka untuk menjahit APD tersebut, sehingga kita bisa memberikan stimulan kepada mereka untuk memproduksi APD lalu kita distribusikan untuk digunakan oleh masyarakat secara umum,” ujarnya.

Menurutnya, produksi masker atau APD yang akan dilakukan oleh UMKM itu akan diberikan secara gratis kepada masyarakat. “Kita lihat dulu, yang akan kita jahit (produksi) itu berapa banyak. Sehingga kalau alat itu sudah ada, mungkin kita bagikan secara gratis atau lewat tim gugus tugas bisa disalurkan secara gratis kepada masyarakat gunakan sebagai alat pelindung diri,” tuturnya.

“Ya, hari ini (kemarin) kita langsung koordinasikan dan besok (hari ini) mungkin sudah kita dapat daftar berapa UMKM yang bisa menjahit. Kemudian kita bisa lakukan action dengan pelaku UMKM, paling tidak penjahit-penjahit kita ini paling banyak di wilayah kota dan untuk biaya pembuatan masker atau APD itu rata-rata akan diberikan bantuan setiap pelaku UMKM yang akan memproduksinya itu sebesar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta,” tukas Parson Horota. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here