Dirut K-Vision : Keuntungan TV Digital Lebih Jelas

0
375
Dirut K-Vision Yohanes Yudistira

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Direktur Utama PT Digital Vision Nusantara (K-Vision), Yohanes Yudistira mengatakan sudah saatnya pengusaha tv analog (tv kabel) beralih ke bisnis tv digital.

Menurut Yohanes, bisnis tv digital memberikan keuntungan lebih jelas dibandingkan bisnis tv analog.

“Pengusaha juga harus paham konten apa saja yang dibutuhkan masyarakat, makanya harus ada jaminan konten karena mereka berbisnis dengan konten, kalau secara analog itu tidak ada jaminan mereka mendapat konten yang baik,” ujar Yohanes.

“Maka itu kita harapkan mereka beralih dari tv analog ke tv digital, kalau pengusaha tv kabel masih memakai sistem analog sebenarnya mereka sendiri tidak tahu berapa jumlah pelanggan mereka karena banyak dari pelanggan mereka yang mencuri tv kabel. Sehingga sebenarnya tidak real berapa harga atau keuntungan yang mereka dapat,” lanjut Yohanes.

Dia melanjutkan, dengan beralih ke sistem digital, tidak ada lagi yang “mencuri” layanan karena box terdapat di rumah masing – masing pelanggan, sistem penagihan juga mudah karena secara otomatis pelanggan tidak dapat menikmati siaran apapun jika belum membayar pada saat jatuh tempo iuran.

Whelly Reba, Koordinator Bidang Perijinan KPID Papua mendukung peralihan tv analog menjadi tv digital. Namun ia juga mengingatkan kepada para pengusaha tv analog dan tv digital agar memperhatikan izin penyiaran. “Kepada setiap lembaga penyiaran termasuk tv analog dan tv digital sebelum bersiar wajib memilik Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) yang tertuang dalam Undang – Undang Nomor 32 tahun 2002 tentang penyiaran,” ucapnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here