Disnaker kota Jayapura Melatih Pencari Kerja OAP

0
103
Peserta Pelatihan Keterampilan Kejuruan Perhotelan bagi pencari kerja OAP. (foto/ananda)

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota Jayapura melatih puluhan pencari kerja Orang Asli Papua (OAP). Pelatihan keterampilan berlangsung selama 20 hari di Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) provinsi Papua.
Kepala Disnaker kota Jayapura, Djoni Naa dalam laporannya menyampaikan tujuan pelatihan tersebut adalah menyediakan tenaga kerja yang siap pakai dan berdaya saing untuk memperoleh kesempatan kerja sektor pariwisata sub kejuruan hotel.

“Tujuan lainnya juga menyediakan tenaga kerja yang mampu memberikan kepuasan dan pelayanan yang maksimal pada sub kejuruan hotel,” jelas Djoni Naa, kamis (17-10-2019).

Kepala Dinas Tenaga Kerja provinsi Papua, Yan Piet Rawar mengatakan kota Jayapura telah melakukan terobosan yang sangat baik dengan melatih para pencari kerja khususnya yang berdomisili di kota Jayapura.
“Saya katakan memang kapasitas atau kualitas sumber daya manusia kita perlu ditingkatkan melalui pelatihan kerja dan secara khusus kebutuhan akan tenaga kerja di perhotelan ini cukup besar karena sekarang telah di bangun beberapa hotel-hotel baru”. Ucap Yan Piet Rawar.

Kemudian juga untuk persiapan PON 2020 yang membutuhkan tenaga kerja khususnya di bidang perhotelan.
Terdapat 3 aspek penting yaitu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang perlu diberikan pembobotan dalam pelatihan.

Jumlah pencari kerja di kota Jayapura adalah sebanyak 2253 orang di tahun 2019 yang terdiri dari 1033 orang laki-laki dan 1220 perempuan dan akan terus bertambah dari tahun ke tahun.

“Melalui pelatihan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pengangguran dan kesenjangan antara sektor serta meningkatkan kualitas kerja yang berpengaruh kepada peningkatan kesejahteraan tenaga kerja itu sendiri” Kata Asisten II Setda Kota Jayapura, Nurjainuddin Konu. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here