Dokter Donald Menjadi Anak Papua Pertama Raih Profesor Bidang Bedah

0
3718

JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – RSUD Jayapura sukses besar setelah melakukan operasi hernia yang disiarkan langsung dan ditonton 7 negara di kawasan Asia Pasifik, Kamis, (3/10). Operasi yang dilakukan oleh Prof. dr. Donald Aronggear itu berlangsung sekitar 2 jam dan disaksikan langsung oleh Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, Kepala Dinas Kesehatan Papua, drg. Alosius Giai dan beberapa perwakilan rumah sakit lainnya.

Tujuh negara Se-Asia Pasific diantaranya, Tiongkok, Australia, Taiwan, India, Singapura, Korea Selatan dan Indonesia (Denpasar dan Papua ). Sekda Papua, Herry Dosinaen mengaku, sangat terkesan dengan operasi yang disiarkan langsung oleh dr. Donal Aronggear yang merupakan spesialis bedah dari RSUD Jayapura, hal ini ini harus menjadi motivasi bagi para anak–anak Papua.

“Video live yang disaksikan oleh 7 negara di Asia Pasific, dalam operasi hernia, ini hal luar biasa yang mana dokter Donal telah membuktikan bahwa anak Papua juga bisa dalam aspek kesehatan. Dengan mengoperasikan teknologi cangih saat proses bedah. Ini harus menjadi memotivasi anak-anak Papua untuk berpacu dalam meningkatkan kemampuan, terutama dalam aspek kedokteran. Kami harap akan ada banyak lagi dokter–dokter spesialis lainnya yang bisa mengikuti jejaknya,” kata Sekda.

Sementaraa Ittu Plt. Direktur RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giayi bahwa operasi yang menggunakan alat Laparaskopi sengaja disiarkan langsung untuk menunjukkan kepada negera lain jika dunia medis di Papua tidak ketinggalan.

“Ini juga bisa hilangkan stigma bahwa Papua terbelakang dan kami akan lakukan setiap 3 bulan dengan segmen yang berbeda, bisa jantung, saraf, dan lainnya,” Paparnya.

Giyai juga mengklaim, operasi yang disiarkan langsung tersebut sudah rutin dilakukan sejak 2012, tetapi baru kali ini dipublikasikan kepada negara-negara lain di kawasan Pasific.

“Saya punya komitmen dan harapan yakni kita kembalikan RSUD Jayapura sebagai rumah sakit terbaik di kawasan asian pasifik, kita harus kembalikan kejayaan masa lalu rumah sakit ini,” Tutupnya. (BERTI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here