JAYAPURA, Reportasepapua.com – Anggota DPR Papua, Laurenzus Kadepa, meminta Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Kembalikan tujuh tersangka makar dari Kalimantan Timur (Kaltim) untuk disidangkan di Pengadilan di Jayapura. Permintaan itu telah ia sampaikan langsung saat bertemu Kajati Papua 15 Januari lalu di ruang kerja Kajati Papua.

“Saat pertemuan saya meminta pak Kajati dengan hormat agar ke 7 tahanan harus di pulangkan ke Papua sesuai permintaan keluarga mereka,” kata Laurenzus via pesan singkatnya, Minggu (19/1/20).

Apalagi ungkapnya, keluarga ingin tersangka makar disidangkan di Papua, mengingat biaya perjalanan yang besar dari Papua ke Kalimantan bagi pihak keluarganya, juga masalah keamanan dan kesehatan mereka disana.

“Hal itu yang diragukan pihak keluarga. Soal jaminan keamanan. Tapi saya sebagai anggota siap menjadi jaminan. Karena saya pikir secara lembaga DPRP walaupun saat ini belum koordinasi dengan pimpinan, kami bisa membantu pihak kepolisian dan kejaksaan untuk keamanan di saat sidang, jadi tidak masalah,” jelasnya.

Selain itu kata Politisi NasDem itu, hal lain yang juga mesti dipertimbangkan karena saat ini Papua sudah aman dan kondusif. Jadi tidak ada alasan lagi 7 tahanan dsidang di Kaltim. Mereka harus dipulangkan dan sidang di Papua.

“Kami hargai upaya penegakan hukum ini dan kami bukan membatasi tapi kami hanya meminta keadilan harus di setarakan. Saya menyampaikan hal-hal ini ke Kajati,” ungkap Anggota DPR Papua ini.

Bahkan satu hal juga yang ia sampaikan ke Kajati ia mencontohkan disaat persidangan Theys H Eluai beberapa tahun lalu. Proses sidang saat itu aman-aman saja seperti yang dikatan salah satu pengacara hukum Theys saat itu.

“Jadi mereka 7 tahanan pun tidak akan ada masalah jika sidang di Papua. Orang Papua sangat taat hukum,” Tutupnya. (Tiara)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here