Dua Pasien Corona di Kabupaten Jayapura Menunjukan Perkembangan yang Baik

0
249

SENTANI, Reportasepapua.com – Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19  (Coronavirus) Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengungkapkan bahwa dua pasien positif Corona saat ini tengah ditangani secara intensif oleh pihaknya di Rumah Sakit Umum (RSU) Yowari.

Meski masih dirawat di ruang isolasi, keduanya menunjukan perkembangan kesehatan yang baik.

“Dua pasien positif ini saat ini ditangani secara isolasi di Rumah Sakit Yowari dan kondisi pasien saat ini sakit sedang dan telah menunjukan perbaikan dari segi kesehatannya” kata Khairul Lie kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Jumat (03/04).

Dia menambahkan, ada empat hal yang akan dilakukan oleh pihaknya. Pertama pihaknya akan melakukan penyelidikan terhadap keluarga pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona ini.

Berikutnya hal yang akan dilakukan adalah penyelidikan ini juga akan dilakukan pada kelompok-kelompok beresiko tinggi, seperti melakukan pemeriksaan kesehatan kepada orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien.

“Hal ketiga kita kita juga akan melakukan penyelidikan epidomiologi terhadap aktivitas dari pasien ini selama beberapa hari sebelum masuk ke rumah sakit” tuturnya.

Hal terakhir yang akan dilakukan adalah, para petugas kesehatan yang pernah menangani pasien positif ini juga akan diperiksa dan di petakan.

“Jadi sewaktu para pasien ini masuk ke rumah sakit otomatis mereka belum tau apakah mereka benar-benar terinfeksi virus itukan, jadi petugas kesehatan kita juga mungkin melayani mereka dengan Alat Pelindung Diri (APD) seadanya. Jadi para petugas kesehatan ini perlu juga kita periksa” tukasnya.

Lie juga mengungkapkan bahwa saat ini sudah ada 200 rapid test bantuan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua yang akan digunakan untuk memeriksa para petugas kesehatan dan kerabat dekat dari kedua pasien positi tersebut.

Sementara itu Direktur RSU Yowari, Petronela Risamassu ditempat yang sama mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah menangani 10 Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan emapt diantaranya sudah dua kali terkonfirmasi negative.

“Saat ini kami masih menunggu konfirmasi negative kedua untuk beberapa PDP dan jika sudah ada pasti akan kita rilis” tukasnya.

Untuk dua pasien positif Petronella mengungkapkan bahwa kedua pasien tersebut sedang dalam perawatan di ruang isolasi RSU Yowari. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here