JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Alumni 93 SLTP N 6 Membangun bak sampah disekolahnya.

“Proses pembangunannya murni kami pakai dana secara urungan, ada sekitar 128 alumni tahun 1993 yang sama-sama memberikan sedikit dari berkat mereka untuk kita pakai bangun bank sampah ini, “  Kata Ketua Alumni SLTP N 6, Dolfinus Yufu Bouway.

Yobo panggilan akrab Dolfinus mengaku proses pembangunan bank sampah memakan waktu hingga delapan bulan lamanya.

“ iya kita mulai bangun itu sejak bulan Oktober tahun lalu dan rampung pada bulan Mei tahun ini, banyak kendala dalam proses pembangunan nya, namun Puji Tuhan semua bisa berjalan dengan baik, “ Beber Yubo.

Ditambahkan Yubo bila pembangunan Bank sampah ini merupakan salah satu perwujudan dari program Adiwiyata Mandiri yang sedang digalahkan oleh pihak sekolah.

“ dalam implementasi program Adiwiyata Mandiri ada 18 kelompok kerja yang telah dibagikan kepada setiap lulusan SMP N 6 Kota Jayapura mulai dari lulusan 1985- 2014 oleh pihak sekolah, setelah melewati proses pengundian lulusan 1993 mendapatkan Kelompok Kerja (pokja) Rumah/Bank Sampah, “ Jelas Yubo yang juga adalah salah satu Dosen di Universitas Cenderawasih.

“ ini hanyalah bagian kecil yang bisa kami berikan kepada pihak sekolah yang sudah memberikan kami ilmu saat mengenyam pendidikan di SMP N 2 (waktu itu), kalau perkara kecil dapat diselesaikan dengan baik, jangan kawatir untuk menyelesaikan tantangan yang lebih besar dikemudian hari, “ Pungkas Yubo.

Sementara itu Acara penyerahan kunci gudang sampah dari alumni angkatan 93 kepada pihak sekolah SLTP N 6 di lakukan pada rabu, (08/05/19). Penyerahan kunci di wakili oleh salah satu alumni angkatan 93, Karel Dotiri kepada Kepala sekolah SLTP N 6, Purnama Sinaga.

“ kami sangat berharap gudang sampah sumbangan dari angkatan 93 ini dapat di gunakan dengan baik, sehingga cita-cita kita semua untuk menjadikan kota jayapura bersih dari sampah plastik bisa terwujud, “ ungkap salah satu alumni, Sandra usai acara penerahan kunci gudang sampah kepada pihak sekolah SLTP N 6.

Usai menggunting pita tanda di resmikannya penggunaan bank sampah, Kepala sekolah SLTP N 6, Purnama Sinaga mengaku sangat terharu dan bangga kepada angkatan 93 yang sudah mengorbankan materi, tenaga bahkan waktu untuk membantu membangun sebuah bank sampah bagi sekolah.

“ saya mewakili semua siswa dan dewan guru di SLTP N 6 memberikan penghargaan yang tinggi buat angkatan 93 yang sudah membantu kami membangun bank sampah ini, ini bukti bahwa kalian tidak pernah lupa kepada sekolah yang telah mendidik kalian, semoga Tuhan memberkati kita semua, “ Ungkap Purnama.

Purnama berharap agar kerjasama antar pihak sekolah dengan para alumni akan terus terjalin, “ saya harap kalian kerjasama kita akan terus terjalin, kalau bisa angkatan 93 bisa sering berkunjung ke sekolah, selain untuk melihat sekolah bisa juga memonitoring pengelolaan bank sampah ini, sehingga penggunaan nya bisa maksimal,” Pungkas Purnama.

Dalam acara penyerahan kunci dari angkatan 93 kepada pihak sekolah, selain di hadiri oleh kepala sekolah dan dewan guru juga hadir beberapa perwakilan angkatan 93, diantaranya Sandra Titihalawa, Margaretha, Edison Patti, Karel Dotiri, Robert Yowafifi, Immanuel Asmuruf, Yohanes Apaseray dan Helen Wayoi. ( redaksi )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here