JAYAPURA, reportasepapua.com – Duta Besar Jerman, Peter Schoof melakukan kunjungan ke Papua, Senin (6/5/2019). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal di Kantor Gubernur Papua.

Dalam kunjungan Duta besar Jerman ini, lPemerintah Papua dan Dubes Jerman membahas peluang kerjasama terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Alam di wilayah Papua. Misalnya pengeloaan hasil pertanian atau perikanan.

“Mereka ini sebagai negeri maju juga ingin supaya warganya bisa mengambil kesempatan untuk dapat berusaha di Papua, lebih khusus di hal-hal yang menyangkut energi terbarukan, pertanian atau perikanan,” kata Klemen Tinal Kepada Wartawan. Senin (6/5/2019).

Klemen mengakui Pemerintah Papua pada prinsipnya siap dan membuka peluang kerjasama sebesar-besarnya asalkan kerjasama tersebut memberikan dampak positif bagi masyarakat Papua.

“Yang penting mereka bisa bekerjasama dengan masyarakat yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan potensi yang mereka inginkan,” tambahnya.

Lanjut Klemen, pihaknya juga telah menyerahkan profile Provinsi Papua dan data-data yang ada untuk agar dapat dipelajari oleh Kedutaan Besar Republik Federal Jerman.

“Contohnya ada lahan sekitar 1 juta lebih hektar di Merauke yang dapat dikelola bersama dan potensi perikanan di Biak yang sangat tinggi. Intinya kehadiran mereka harus memberikan dampak kepada masyarakat Papua juga,” ujarnya.

Selain membahas peluang kerjasama, lanjut Klemen, kunjungan Dubes Jerman tersebut di antaranya untuk mengetahui situasi keamanan terkini dan kondisi pelaksanaan Pilpres dan Pileg yang telah berlangsung di Papua.

“Jadi kami jelaskan bahwa semua berjalan baik dan Papua itu aman. Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Dubes Jerman ke Pemerintah Papua. Mereka punya kesan yang sangat baik dan mereka juga ingin tahu Papua itu seperti apa,” Pungkasnya.

Kita sangat berterima kasih kepada duta besar jerman yang berkunjung ke Pemerinta Papua. Mereka punya kesan yang sangat baik dan mereka juga ingin tahu papua seperti apa. (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here