JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua akan melaksanakan Sensus Penduduk (SP) secara online. Sensus ini digelar serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Papua, Bagas Susilo menjelaskan, SP Online mulai dilaksanakan pada 15 Februari 2020. Untuk Papua, sensus secara online hanya dilaksanakan di wilayah yang tersedia jaringan internet.

Bagi wilayah yang tak tersedia jaringan internet, sensus akan dilaksanakan melalui wawancara langsung pada Juli – Agustus 2020.  “Memang di Papua bukan menjadi harapan dari SP Online mengingat berbagai kendala terlebih di jaringan internet,” kata Bagas, Kamis (2/1).

Bagas memaparkan, SP 2020 mencakup 21 karateristik salah satunya adalah suku. Tahun 2021, sebagai dampak dari pelaksanaan SP 2020, BPS juga menghitung indikator kependudukan seperti angka kematian ibu melahirkan, angka kematian bayi dan yang lainnya.

“Data penduduk adalah data yang paling fundamental untuk melengkapi data ekonomi yang sudah ada, misalnya Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita tidak bisa dihitung tanpa data penduduk yang jelas,” ucapnya.

Kepala BPS Provinsi Papua, Simon Sapari menambahkan, SP Online di Papua lebih difokuskan di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika atau di kabupaten yang jaringan internetnya memadai.

“Untuk SP Online dapat dilakukan di smartphone atau handphone berbasis android. Aplikasinya akan segera kami siapkan,” kata Simon. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here