MIMIKA, Reportasepapua.com – Dalam Kegiatan Musyawarah Adat yang dihadiri Dewan Adat Donatus Kelanangame dan seluruh Tua adat, Tokoh agama, Tokoh Pemuda dan warga  ini dilakukan karena satu ramgkaian dimana sosialisasi pembentukan lembaga Masyarakat Adat tsingwarop dan masing- masing daerah telah menyepakati dalam rapat Wilayah untuk mengirim Dua calon ketua Lembaga adat di mana masing masing adalah, Arnold Beanal dan Sopian Kum dari Kampung Tsinga, Luther Bukaleng dan Perion Yanampa dari Kampung Waa Banti,  serta Jaya Abugau dan Yulius Janampa dari Kampung Aruanop.

Dari Proses Musyawarah Adat Ini Serta Proses Pemilihan Ketua Dan Wakil Ketua Maka Telah Terpilih Dengan Suara Terbanyak , Jaya Abugau Dengan Perolehan Suara 120 Dan Wakil Sopian Kum dengan perolehan suara 102,   yang diikuti oleh 418 orang Pemilih.

Sedangkan Untuk Pengurus Lainnya Ditetapkan Oleh Pengurus FPHS Dengan Kesepakatan Bersama yaitu Sekertaris Yulius Janampa, Bendahara Harian Luther Bukaleng, Biro Adat Arnold Beanal Dan Biro Kemitraan Perion Janampa.

Dengan demikian mereka ini akan didaftarkan langsung ke Akta notaris untuk menjadi sebuah lembaga Adat yang kokoh berdiri di 3 Wilayah Adat di distrik Tembagapura yang nantinya berbicara kepentingan masyarakat adat.

Ketua Terpilih,  Jaya Abugau Mengatakan Siapapun yang ada di daerah adat Harus minta ijin ke Pihaknya, Sehingga FHPS dihargai.

“Kami Harus dihargai sesuai aturan dan regulasi NKRI sehingga kita menjadi masyarakat yang juga diakui negara dan perusahaan apa saja yang mau beroperasi dan sudah segera menyesuaikan diri utk mengikuti aturan regulasi pemerintah yang ada baik daerah, nasional maupun international,” Tuturnya.  

Jaya Menambahkan Hari ini Mereka adakan pembubaran panitia di Sekertariat atau Honai FPHS, dan kami akan bergandeng tangan utuk bersama FPHS dan PT. Etsipa untuk meminta DPRD  segera melakukan RDP rapat dengar pendapat untuk untuk menyikapi persoalan serius ditahun ini.

“ Dan membuat rekomendasi bersama untuk Akomodir  Pemilik hak sulung menjadi penentu kebijakan Pemerintah dan Perusahaan Freeport di tahun negosiasi nanti,” Tutupnya. (Redaksi Reportase)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here