WONDAMA, REPORTASEPAPUA.COM – Membuka Festival Wisata di Kabupaten Wondama Baru baru ini, Wakil Bupati Teluk wondama Meminta Warga masyarakat dan Swasta serta seluruh elemen di Teluk Wondama Harus Bekerja Keras dalam Meningkatkan Pariwisata di Teluk Wondama.

“Kami harap obyek-obyek wisata yang ada di Pulau Roon baik wisata bahari atau wisata alam, budaya dan religi kembangkan terus, sesuai dengan visi kabupaten Teluk Wondama yang tertuang dalam RPJMD tahun 2016/2021 yakni menuju wondama yang (Emas) Elok Maju Aman dan Sejahtera berdasarkan kejujuran dan kasih. Kami sangat yakin sebab dari sisi budaya dan kearifan local serta religi Kabupaten Teluk Wondama, merupakan pusat peradaban orang Papua yang menyimpan kekayaan budaya dan adat istiadat yang sangat beragam. Namun demikian dibalik potensi dan prospek yang ada itu dibutuhkan kesadaran, kerja keras pemimpin dan dari semua pihak  baik pemerintah swasta maupun masyarakat dalam mengelola potensi menjadi kekuatan ekonomi yang mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat  dan pendapatan asli daerah,”Kata Indubri.

Hal ini Sesuai Rancangan Pemerintah Jangka menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016 hingga tahun 2021,  Pemerintah Daerah kabupaten Teluk Wondama tentang pembangunan Kabupaten teluk Wondama sebagai Kabupaten Pariwisata yang mendunia.

Lokasi Wasasar yang artinya tempat matahari terbit menjadi lokasi utama pembangunan Home Stay dari Wasasar itu Indubri katakan Wondama menyimpan banyak kekayaan, alam, bahari, hutan budaya dan adat serta religi yang saat ini belum diketahui banyak orang dan akan dikumandangan layaknya meniup kulit bia triton dengan sebutan local Wondama adalah (Tabura).

 “Potensi pariwisata ini jangan jadi modal dasar yang hanya diam saja, tetapi harus dihitung dikelola dengan baik  sehingga memberikan nilai dan manfaat baik secara langsung maupun tidak langsung. Saya harap ini menjadi suatu Motivasi bagi kita semua untuk terus menjalankan ekowisata yang indah dan terus dikembangkan. Mari kita terus tingkatkan semangat kerja keras, tekun, ulet, sabar dan gotong royong. Bagi kepala distrik dan kepala kampung perhatikan potensi wisata yang ada, OPD terkait harus focus dalam penyususnan program kerja yang berintegrasi pada sector pariwisata. Berikan kritik dan saran yang positif demi kemajuan pariwisata di distrik dan kampung di kabupaten yang kita cintai ini. Mari kita semua jaga dan olah pariwisata yang ada ini karena dengan partisipasi positif akan menjadi modal social yang kuat dalam pembangunan di masa mendatang,” tutur Indubri

Indubri juga ingatkan masyarakat setempat harus mampu memberikan pelayanan dan jaminan keamanan bagi para tamu yang datang  ke tempat Wisata. (SOLFI R)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here