GKI di Tanah Papua Gelar Pelatihan Tukang Bangunan Umum Bidang Las

0
50

JAYAWIJAYA, REPORTASEPAPUA,COM – Dalam rangka mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal dan siap pakai di Wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Lapago Sinode Gereja Kristen Injili (GKI) di Tanah Papua menggelar pelatihan Tukang Bangunan Umum Bidang Las. 

Pelatihan tukang bangunan umum bidang las yang diprakarsai oleh Sinode GKI di Tanah Papua dilaksanakan di Wilayah GKI Klasis Baliem selama 7 hari berjalan di Gedung Aula Klasis GKI Baliem Yalimo yang diikuti oleh 31 peserta, dimana kegiatan pelatihan itu bekerjasama dengan Kantor Balai Jasa Kostruksi Wilayah IIV Jayapura.

Dalam sambutan Ketua Sinode GKI di Tanah Papua yang dibacakan oleh Wakil Ketua Klasis Baliem Yalimo, Marten Meage menjelaskan, pelatihan yang diprakarsai oleh Sinode GKI di Tanah Papua dan dilaksanakan di Klasis Baliem Yalimo bertujuan, untuk menyiapkan SDM Orang Asli Papua (OAP) yang memiliki kemampuan khusus, dan siap pakai di wilayah Kabupaten Jayawijaya dan Lapago.

“Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan, dan bekerjasama dengan Balai Jasa Kostruksi Wilayah IIV Jayapura untuk menyiapkan putra asli Papua menjadi subyek pembangunan, bukan hanya obyek pembangunan,” Katanya.

“Pelatihan yang diselenggarakan di Wamena sangat berbeda dengan pelatihan yang lain, sehingga patut di apresiasi terutama kepada peserta pelatihan yang selama 7 hari tekun mengikuti kegiatan hingga selesai, dan berhasil membuahkan 2 konstruksi rangka tenda siap pakai,” Sambungnya.

Sementara itu Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Marthin Yogobi, SH M.Hum, usai menutup kegiatan pelatihan tukang bangunan umum bidang las, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Sinode GKI di Tanah Papua, dan juga Kantor Balai Jasa Konstruksi Wilayah IIV Jayapura, serta kepada Klasis Baliem Yalimo yang telah melaksanakan kegiatan pelatihan yang baik terutama kepada anak-anak asli Papua.

“Pertama saya sampaikan terimakasih kepada Balai, yang mana telah melakukan kerjasama, dan juga kepada Sinode GKI di Tanah Papua secara khusus di Baliem, dimana telah melakukan kegiatan yang luar biasa dengan melakukan pelatihan konstruksi untuk anak-anak asli Papua,” ungkap Wakil Bupati Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (17//4/2021) di Wamena.

Wakil Bupati Jayawijaya berharap, kegiatan yang dilaksanakan oleh GKI tidak hanya putus sampai di sini saja, namun dapat berlanjut dalam upaya menciptakan generasi muda yang memiliki kemampuan, dan siap dipakai dalam pekerjaan.

Kata Wakil Bupati Jayawijaya, Gereja sudah memulai ini semua, sehingga sudah saatnya menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, dan DPRD untuk memanfaatkan tenaga yang sudah ada dalam rangka membina mereka juga berkelanjutan.

“Kami harus memberiakan apresiasi kepada Gereja dan kami harap Gereja yang lain juga mengambil peran yang sama supaya anak-anak generasi muda yang handal kita siapkan sama-sama, karena menyiapkan generasi muda bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tugas semua pihak termasuk gereja yang memiliki mereka sebagai umat dan jemaat,” kata Wakil Bupati Jayawijaya. (yanti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here