WONDAMA, Reportasepapua.com – Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan memastikan stok pangan selama pandemic Corona Virus Disease (Covid-19) di Papua Barat, Aman.

Provinsi Papua barat telah melakukan pengecekan terhadap stok bahan pokok (Bapok) pangan di berbagai distributor gudang pangan di Provinsi.

Gubernur juga memastikan, bahwa kurang lebih selama tiga bulan kedepan stok pangan Provinsi Papua Barat masih aman.

“Stok pangan kita cukup, bapok kita sangat cukup, kita sudah lakukan pengecekan dan stok pangan kita di Papua barat masih memadai untuk 2 bulan bahkan sampai 3 bulan kedepan,” ujar Mandacan ketika menyerahkan sembako secara simbolis kepada berbagai dedominasi gereja dan umat beragama di Gedung Sasana Karya Pemda Wondama, Rabu (3/6).

Oleh sebab itu, kata dia masyarkat di Papua Barat tidak perlu panik karena tidak akan tejadi kelangkaan pangan selama pandemic Covid-19 tiga bulan kedepan.

Dirinya menghimbau agar masyarakat tidak perlu belanja bahan pangan terutama bapok dengan cara panik, sehingga memborong semua barang.

Gubernur menghimbau warga untuk belanja seperti biasanya dan berjualan atau berdagang seperti sediakala, sebab tidak akan terjadi kekurangan pangan.

“Masyarakat jangan panik, stok kita cukup belanja seperti biasanya, hari ni jualan dapat uang beli makan jadi semua seperti biasa jangan sampai panik kita masih punya stok ketahanan pangan yang cukup, jadi yang punya uang banyak tidak perlu panik dan memborong bahan pangan, belanja seperti biasanya,” ujar Mandacan.

Gubernur juga katakan, ada dua wilayah penyedia bapok untuk Provinsi Papua barat yakni Manokwari untuk wilayah Manokwary Raya yaitu Kabupaten Manokwari, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Pegunungan Arfak (Pegaf) dan Manokwari Selatan (Mansel) dan kota Sorong untuk wilayah Sorong Raya, Sorong Selatan, Raja Ampat, Maybrat, Tambrauw, Fakfak dan Kaimana.

Dari tempat itu juga Gubernur mengajak seluruh kepala daerah tingkat kabupaten agar menyampaikan tentang stok ketahanan pangan kepada masyarakatnya masing-masing dalam berbagai kesempatan

“Sampaikan ini semua dalam berbagai kesempatan agar masyarakat tidak panik,”tutur Mandacan.(SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here