JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Gubernur Papua Lukas Enembe katakan usai PON XX 2020 di Papua, pada 2021 dirinya akan fokus untuk membangun Universitas tingkat Internasional di bumi cenderawasih khusus untuk anak-anak Papua agar mereka tak perlu melanjutkan study ke luar papua.

Rencana pembangunan beberapa universitas tersebut imbas dari kepulangan para pelajar dan mahasiswa dari beberapa kota studi karena mendapatkan perlakukan persekusi dan rasisme.

“Memang agak susah untuk saat ini menampung para mahasiswa yang pulang tersebut ke beberapa universitas yang ada di Kota Jayapura dan di Merauke. Hal ini karena proses perkuliahan sudah berjalan dan sedikit lagi sudah masuk dalam Mid Semester,” kata Gubernur Lukas belum lama ini di Gedung Negara, Jayapura.

Menurutnya, banyak kalangan meminta untuk Pemrov segera membangun beberapa universitas untuk menampung para mahasiswa tersebut.

“Kalau bangun bisa, tetapi tidak bisa dengan cepat. Kita perlu perencanaan yang matang. Pada tahun 2021 nanti saya fokus bangun beberapa universitas,” tegasnya.

Hal ini juga untuk menjawab keluhan para orangtua yang anaknya tidak bisa diterima di Universitas Cenderawasih karena kampus tersebut memiliki kuota yang terbatas, begitupun dengan beberapa universitas swasta yang ada di Kota Jayapura.

“Kalau kita sudah bangun, kita berharap anak-anak kita didik sendiri disini, sehingga tidak perlu lagi pergi keluar untuk mencari ilmu,” ujarnya. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here