JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Sekitar 300 mahasiswa asal Papua yang sebelumnya berkuliah di sejumlah daerah di Indonesia telah kembali ke Jayapura. Mengetahui hal tersebut, Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku kaget karena sebelumnya Panglima TNI dan Kapolri telah memberikan jaminan keamanan.

“Jadi sekarang ini kita pusing mau taruh mereka. Kita akan panggil Gubernur, MRP dan DPR Papua Barat, Direktur Unima, Rektor Uncen dan para bupati/walikota untuk bicara kepulangan mahasiswa dalam jumlah besar tanpa pemberitahuan,” ujarnya, di Jayapura, Senin (9/09/2019).

Lukas menyayangkan sikap para mahasiswa yang tidak berkoordinasi dengan pemerintah daerah yang mengirim mereka berkuliah.
Terlebih saat ini proses rekonsiliasi sedang dilakukan dan seluruh stakeholder talah memberikan jaminan keamanan bagi seluruh mahasiswa asal Papua.

“Memang sudah ada imbauan dari kita, saya arahkan waktu itu, kalau di NKRI tidak aman kita pulangkan, tapi ini aman kenapa pulang, untuk apa,” tuturnya. Namun Lukas memastikan pemerintah daerah akan bersedia memfasilitasi para mahasiswa tersebut bila mereka bersedia kembali berkuliah di tempat sebelumnya.

Lukas mengaku telah mendapat dapat informasi sudah lebih dari 300 mahasiswa asal Papua yang telah kembali ke Jayapura. Sekitar 200 dari Manado dan lainnya dari Pulau Jawa. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here