JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dewan Perwakilan Rakyat Papua telah membentuk 4 Panitia Khusus(Pansus). Dan rencananya 4 pansus tersebut akan disahkan dalam rapat paripurna, Rabu (4/3/20,) hari ini.

Ketua DPR Papua Jhony Banua Rouw,SE mengungkapkan, bahwa empat pansus tersebut adalah Pansus PON, Pansus UU Otsus, Pansus Kemanusiaan dan Pansus LHP dana Otsus.

“4 pansus ini kami sudah bentuk dan kami akan mulai bekerja,” kata Jhony Banua Rouw, SE kepada sejumlah wartawan disela-sela acara “Kitorang Bakudapa” di Gedung II DPR Papua, lantai 12, Selasa (3/3/20) semalam.

Politisi Partai NasDem ini menjelaskan, terkait untuk Pansus PON pihaknya akan meminta agar pengusaha Papua harus terlibat dalam PON XX.

“Mereka ini harus terlibat. Kalau kita minta mama bikin noken ini harus dijual dimana. Makanya kami minta PB PON dan dinas terkait untuk membuat suatu galeri sebagai tempat mereka memasarkan produk mereka,” jelasnya.

Namun untuk Pansus Kemanusiaan, pihaknya berharap seluruh stake holder dapat melihat seluruh masalah kemanusiaan di Tanah Papua. Sehingga pansus tersebut dapat menjawab seluruh masalah kemanusian yang terjadi di Tanah Papua.

“Kalau bicara kasus penembakan yang terjadi dimana-mana, itu bagian dari penyebab,” ujarnya.

Lanjut Jhony Banua Rouw, sedangkan Pansus UU Otsus bertujuan agar pihaknya dapat melihat isi dari revisi UU Otsus yang sementara dibahas DPR RI.

“Tapi kami berharap UU ini menyelesaikan masalah Papua. Dan untuk menyelesaikan masalah Papua maka harus diselesaikan juga oleh orang Papua,” ungkapnya.

Sebab ungkap Jhony Banua Rouw, untuk menyelesaikan masalah Papua dari kacamata pusat, itu tidak akan selaras dengan konteks di Papua.

“Jadi untuk Pansus LHP itu terkait dengan dana otsus yang sudah dipakai Provinsi Papua,” pungkasnya. (Tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here