JAYAPURA, Reportasepapua.com – Pengambilan Rapid Test terhadap 400an Pedagang sayur baik kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat dilaksanakan di halaman kantor Walikota Jayapura kamis,(30/4). Hasil dari rapid test itu , 5 pedagang sayur dinyatakan positif dan bagi pedagang yang dinyatakan hasilnya positif akan diberikan stiker menyatakan bahwa sudah mengikuti tes.

“Dari 405 orang ini, sampai jam 4 sore ini sudah selesai diperiksa, dan hasil rapid tes yg sudah ada hasilnya sampai 200 orang sudah ada indikasi 2 yang positif dan ini belum selesai ditunggu sampai selesai jam 6 sore.” tuturnya.

Dari data awal yang diterima pemkot dari disperindagkop kota jayapura hanya 124 pedagang sayur kendaraan bermotor namun ketika tadi pagi dilakukan rapid tes ternyata lebih banyak dari data yang ada jumlahnya 405 orang pedagang sayur baik beroda dua maupun roda empat.

Dari data tersebut bagi pedagang sayur yang bebas dari rapid tes dia sehat dan hasilnya negatif maka akan diberikan stiker bahwa ini layak jual sayur dan sudah mengikuti tes dan masyarakat tidak perlu ragu berbelanja.

“Nanti akan kami umumkan satu dua hari ini, berapa yang positif dan yang negatif dan akan diberikan stiker bagi yang hasilnya negatif. Harus ditempel stikernya di kendaraan motor atau mobil masing untuk berjualan.”Tambah Wakil Walikota.

Sementara itu Kadis kesehatan kota jayapura Sri Nyoman Antari menambahkan “dari total hasil rapid tes dinyatakan 5 orang pedagang sayur positif, 3 orang berdomisili di youtefa, 1 di pasar hamadi dan 1 di APO gudang,” tegasnya

Untuk 5 orang pedagang sayur ini akan ditindaklanjutkan dengan tes PCR atau tes laboratorium. Pedagang sayur ini akan diharuskan untuk melakukan isolasi mandiri 14 hari kedepan sambil menunggu hasil.

“Besok kami akan melanjutkan pemeriksaan kepada penjual ikan keliling dan kami mendapat data 250 pedagang ikan keliling dan hari senin akan kami akan mengecek kembali rapid tes jika memungkinkan akan diadakan rapid tes kepada tukang ojek dan di pasar mama papua yang mungkin sekitar 100 orang.” Tuturnya. (Stela)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here