Timika,reportasepapua.com – Seluruh Masyarakat Tionghoa Mimika yang tergabung dalam Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) Kabupaten Mimika menggelar perayaan Imlek 2570 di sekolah Kalam Kudus Nawaripi, Selasa (5/1).

Dalam kegiatan yang mengambil tema “Marilah kita tingkatkan kebersama untuk mensukseskan program HPKT”,Rabu(6/2).

Ketua Panitia kegiatan Benny Manuhutu dalam sambutannya menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu atas suksenya kegiatan tersebut, Serta pihaknya memohon maaf keda para tamu undangan yang hadir atas kekurangan dan penyabutan yang kurang berkenan dari pihak panitia.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu. Puji syukur kita naikkan kepada Tuhan yang maha kuasa karena anugerah dan kasihnya kita sekarang boleh masuk di tahun yang baru ini,” tuturnya.

Sementara itu Ketua HPKT Mimika Ir Rusli Gunawan dalam sambutannya menuturkan pihaknya merasa bersyukur karena sudah dalam kurun waktu 16 tahun pemerintah RI menetapkan hari raya Imlek sebagai hari libur nasional. maka dari itulah masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia bisa merayakan tahun baru Imlek secara nasional.

“Kita harus bersyukur bahwa sudah 16 tahun Imlek diakui oleh negara. Oleh sebab itu marilah kita bersama-sama mendukung program pemerintah dan bersama-sama membangun NKRI,” tuturnya.

Gunawan mengungkapkan sebagai warga HPKT Mimika dirinya mengajak kepada seluruh warga untuk bersama-sama bersatu untuk membangun Kabupate Mimika. HPKT sebagai wadah kerukunan untuk bersama-sama saling bertoleransi dan saling membantu baik sesama anggota HPKT maupun sesama kerukunan lainnya yang ada di Kabupaten Mimika.

“Sebagai warga Mimika marilah kita saling menjaga kerukunan untuk terciptanya keamanan dan kesejahteraan Mimika. Kita juga harus saling menjaga hubungan baik dan salim membantu dengan kerukunan lainnya seperti KKJB, KKSS dan lainnya,”ungkapnya.

Gunawan menambahkan bahwa pihaknya memohon maaf kepada Pemkab Mimika dan pihak-pihak pemerintah lainnya karena tidak mengundang dalam kegiatan tersebut. Pasalnya dalam kegiatan Imlek tahun ini dilakukan dengan tujuan untuk pertemuan internal untuk mensosialisasikan HPKT kepada masyarakat Tionghoa Mimika. Karena masih ada kekurangan kekurangan yang harus diperbaiki dan disosialusasikan.

“Atas nama ketua kami mohon maaf kepada Pak Bupati, Pemkab Mimika dan TNI/Polri. Karena saat ini kita hanya interen bersama masyarakat kerukunan saja,”ujarnya.

Kegiatan tersebut dihibur oleh kesenian Barong Sai serta hiburan menyanyi dari murid-murid beserta guru-guru sekolah Kalam Kudus. Acara ditutup dengan ramah tamah serta tidak lupa dilakukan pembagiang Angpao untuk anak-anak yang hadir dalam kegiatan tersebut.(IB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here