HUT Baden Powell, Pramuka Kwartir Keerom Kibarkan Merah Putih

0
186
Bupati Keerom MUH Markum, SH.MH.MM saat berfoto bersama dengan pengurus pramuka Kawrtir Cabang Keerom usai memperigati HUT Baden Powell ke- 163 Tahun 2020 dilapangan Aros Swakarsa, Selasa (25/2).

KEEROM, Reportasepapua.com- Dallam rangka memperingati HUT Baden Powell, Pramuka Kwartir Cabang Keerom mengibarkan Bendera Merah Putih di Lapangan Swakarsa, Kampung Asyaman, Distrik Arso, Kabupaten Keerom Tahun 2020, Selasa (25/2).

Pada HUT Baden Powel ke- 163 dilaksanakan dengan Upacara pengibaran Bendera Merah Putih, yang dilaksanakan langsung Anggota Pramuka dan Bupati Keerom Muh. Markum bertindak selaku Inspektur Upacara.

Dalam amanah Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso yang dibacakan Bupati Keerom MUH Markum, SH.MH.MM mengungkapkan, Badan Powell yang nama lengkapnya Robert Stephenson Smyth Baden Powell, yang kemudian digelar sebagai bapak Pramuka sedunia. Dan dilahirkan pada 22 Februari 1857, sehingga tanggal dan bulan lahirnya ditetapkan sebagai hari Bapak Pramuka Sedunia atau Bapak Pandu Sedunia.

Pada Tahun 1900, Badan Powell yang merupakan Purnawirawan Jenderal dari angkatan perang kerajaan inggris melihat banyak anak dan remaja di negaranya yang kurang mempunyai kegiatan pasitif, sehingga akhirnya kegiatan- kegiatan negative bahkan kriminalisasi remaja yang meresahkan masyarakat.

 “ hal itu yang membuat Baden Powell memikirkan untuk membuat kegiatan positif bagi anak- anak dan remaja di negaranya. Pada saat itu juga Badel Powell memanfaatkan buku sebagai bahan utama kegiatan perkemahan yang dilakukan di Pulau Brownsea Inggris dengan mengikutsertakan 20 anak dan remaja,”lanjutnya.

“Dari hasil perkemahan itu menjadi bahan baku yang ditulis dan diterbitkan pada tahun 1908, pada saat itu buku yang ditulis menjadi buku yang amat diminati dan pada saat itu lahirlah gerakan kepaduan di Inggris dan menyebar di seluruh dunia, termasuk di  Indonesia dan kegiatan kepaduanya pertama kali digelar tahun 1912,”jelasnya. (Rhy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here