Ini Himbauan Bupati Wondama untuk Cegah Penularan Corona

0
219

WASIOR, Reportasepapua.com – Bupati Teluk Wondama, Bernadus Inburi mengeluarkan edaran untuk mencegah penularan Covid-19 (Corona) di daerah yang ia pimpin.

Edaran yang ia terbitkan itu dimaksud agar masyarakay dapat meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi virus mematikan yang saat ini sudah mewabah di seluruh dunia.

Dalam edaran tersebut, dia juga mengimbau kepada masyarakatnya untuk tidak panik percaya akan isu-isu hoax yang tidak bertanggungjawab di media elektronik terutama media media social .

“Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan  pencegahan penyebaran Covid-19 maka kami menghimbau kepda seluruh masyarakat Wondama agar tetap tenang dan waspada, tidak panikserta tidak mudah terpengaruh oleh berita yang tidak benar (hoax)yang sering beredar dimedia social  karena pemerintah serius dan siap serta mempu menangani Covid-19,” katanya di Wasior belum, lama ini

Masyarakat disarankan melakukan pola hidup bersih dari diri sendiri keluarga dan lingkungan serta melakukan pemeriksaan kesehatan jika terkena flu batuk atau panas tinggi yang tak kunjung turun.

Selain itu, Imburi juga menyampaikan 5 hal penting yang patut di patuhi masyarakat Wondama dan wajib melakukan 7 langkah-langkah mencegah Covid-19.

“Mari kita budayakan pola hidup bersih, sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh kementrian kesehatan  guna meningkatkan daya tahan tubu terhadap penyakit, baik untuk diri sendiri keluarga maupun masyarakat di sekitar kita, dan apabila mengalami gangguan kesehtan segera berkunjung kefasilitas kesehatan yang adauntuk diperiksa status kesehatannya, hal penting yang harus dilakukan masyarakat addalah pencegahan, deteksi dini dan pengenalan awal gejala inveksi Covid-19 yakni, pertama, demam, batuk pilek, sakit tenggorokan, gangguan pernapasan, memiliki riwayat perjalanan keluar negeri atau daerah lain 14 hari sebelum timbul gejala memiliki kontak dengan orang yang memiliki riwayat perjalanan keluar daerah yang terinveksi segera melapor ke pusat kesehatan atau pelayanan kesehatan terdekat Pustu, Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daera (RSUD),’kata Imburi.

Lakukan upaya pencegahan seefektif mungkin agat terhindar dari Covid Imburi himbau lakukan 7 langkah ini, yaitu,  cucitangan rutin di air mengalir dengan menggunakan sabun antiseptic.

“Batasi menyentuh wajah, hidung, mulut dan mata, sebelum mencuci tangan, terapkan etika batuk yang benar, tutup mulut dengan tisu atau lengan atau bagian dalam. Gunakan masker jika sedang batuk pilek atau flu, batasi berjabat tangan, tingkatkan daya tahan tubu dengan konsumsi seimbang minum air yang cukup, aktifitas fisik minimal 30 menit per hari dan istrahat yang cukup  jaga jarak dengan rekan atau teman yang sdang batuk atau pilek. Disamping melakukan langkah-langkah ini selaku umat yang beragama mari kita semakin dekatkan diri kepada tuhan dan berdoa agar kita terhindar dari bencana Covid-19 ini,”tutup Imburi. (solfi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here