Ini Langkah Strategis Bank Papua Hadapi Penyebaran Covid-19

0
Pelayanan di Kantor Cabang Bank Papua Wamena

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, Bank Papua telah mengambil langkah strategis yaitu dengan mengatur pergerakan dan perilaku insan Bank Papua, dengan menyediakan hand sanitizer dan masker disetiap kantor Bank Papua, mengurangi jam operasional kantor serta pengalihan sementara operasional kantor cabang pembantu dan kantor kas Bank Papua ke kantor cabang atau kantor induk Bank Papua.

Direktur Bisnis Bank Papua, Sadar Sebayang mengatakan beberapa langkah strategis ini dilakukan Bank Papua untuk menekan penyebaran virus corona baik di kalangan pegawai maupun nasabah Bank Papua. Hal ini dilakukan dengan cara manajemen Bank Papua membuat Surat Edaran tentang pelaksanaan protokol penanganan Covid-19 pada PT. Bank Pembangunan Daerah Papua.

Dalam Surat Edaran tersebut djelaskan setiap pegawai Bank Papua untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di lingkungan kerja, senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Sedangkan bagi pegawai Bank Papua yang telah melaksanakan perjalanan ke luar daerah atau wilayah operasional Bank Papua, untuk mengisolasi diri selama 14 hari kerja dan memeriksakan diri ke rumah sakit apabila mengalami gejala Covid-19.

Untuk perlindungan maksimal, Bank Papua telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Pusat dan Kantor Cabang Utama Jayapura, serta ruang – ruang kerja sekaligus edukasi pencegahan virus corona kepada seluruh cleaning service dan security Bank Papua oleh Dinas Kesehatan Provinsi Papua.

Bank Papua juga telah menerapkan kebijakan (work from home) dimana sebagian karyawan melaksanakan aktivitas pekerjaan sehari-hari dengan bekerja dari rumah yang diatur secara shift oleh masing – masing pemimpin Unit kerja dan untuk operasional Kantor Cabang Pembantu dan Kantor Kas yang berada di Wilayah rawan penyebaran virus corona seperti rumah sakit, terminal, pasar dan pertokoan dialihkan ke Kantor Cabang atau cabang induk.

“Penerapan pengurangan operasional kantor ini merupakan kebijakan sementara Bank Papua yang bertujuan untuk menekan penyebaran virus corona guna memberikan perlindungan maksimal kepada pegawai, dan bahkan nasabah dari kemungkinan terpapar virus corona dengan tetap memperhatikan perkembangan dari kondisi penyebaran virus Covid-19 serta pengumuman atau instruksi lebih lanjut dari regulator,” katanya melalui siaran pers, Rabu (1/4/2020).

Aksi lockdown dibeberapa negara serta penerapan sosial distance, berdampak juga pada pertumbuhan perekonomian di Indonesia, khususnya dibidang pariwisata transportasi, perhotelan perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan yang mengakibatkan Bank Papua harus menghentikan pemberian kredit baru atau penambahan plafond kredit khususnya dibidang pariwisata transportasi, perhotelan perdagangan, pengolahan, pertanian dan pertambangan dan lebih berfokus pada kredit konsumtif yang memiliki resiko lebih kecil.

Di Papua pengaruh virus corona belum berdampak siginifikan terhadap sektor usaha mikro dan kecil tetapi bagi sektor perhotelan sudah mulai terasa karena tingkat hunian mulai turun. Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya Bank Papua tetap mengikuti aturan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pelayanan Bank Papua tetap dapat dinikmati oleh nasabah maupun masyarakat dengan memanfaatkan delivery channel Bank Papua seperti ATM, EDC, CDM, SMS Banking dan E-Banking Bank Papua yang tersebar di Tanah Papua maupun di luar Tanah Papua serta bagi nasabah maupun masyarakat yang membutuhkan layanan konsultasi, dapat menghubungi Card Center Bank Papua dengan nomor (0967) 532011 ext 724, 325 dan HP 081344605555.

“Berbagai langkah proteksi ini harus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona sampai dengan penyebaran Virus Corona mereda dan otoritas yang berwenang memberikan instruksi lebih jauh. Kami berharap seluruh insan Bank Papua dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat guna menjauhi ancaman Corona,” imbuhnya. (Ananda)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here