JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Sebanyak Tujuh anggota Polda Papua mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri , Jenderal Polisi Tito Karnavian, karena dedikasinya selama menjadi anggota Polri, dari 7 anggota tersebut salah satunya pernah menjadi koban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Sinak Kabupaten Puncak, 2015 lalu.

Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) kepada 7 personel Polda Papua yang berprestasi ini dilakukan dalam sebuah upacara, yang dipimpin langsung oleh Kapolda Papua, Irjen Pol Martauani Sormin yang berlangsung di halaman Mapolda Papua, Jumat (25/1).

Anggota yang mendapat kenaikan pangkat tersebut adalah :

  1. Iptu Suriadin, SH. MH dinaikan pangkat luar biasa dari Ipda ke Iptu (Inspektur Polisi Dua menjadi Inspektur Satu), atas prestasi dan dedikasi dalam tugas kepolisian di bidang penegakan hukum sehingga berhasil menangkap pelaku dan barang bukti kasus tindak pidana perburuan hewan/satwa yang dilindungi di Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur.

2. Bripka Fiktor Poceratu dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala), Berhasil menangkap tersangka Iwan alias Fan Love (38) di Rusunawa Uncen Perumnas III atas kepemilikan senjata api milik Polri jenis Revolver.

3. Bripka Asop Mulyana dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala), Berhasil menangkap tersangka Iwan alias Fan Love (38) di Rusunawa Uncen Perumnas III atas kepemilikan senjata api milik Polri jenis Revolver.

4. Brigpka Arief Surya Sumahendra dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala);. Menjadi korban penembakan KKB pada 31 Desember 2014 dibagian punggung dan peluru sempat bersarang ditubuh saat bertugas di Polres Paniai.

5. Bripka Frans Yos Dumapa dinaikan pangkat luar biasa dari Brigpol ke Bripka (Brigadir Polisi ke Brigadir Polisi Kepala),bertugas di Polsek Sinak Polres Puncak mendapat serangan dari KKB pada 27 Desember 2015 pukul 20.00 wit, berhasil selamat dan 4 personel lainnya gugur.

6. Brigpol Ryan Danutirta dinaikan pangkat luar biasa dari Briptu ke Brigpol (Brigadir Polisi Satu ke Brigadir Polisi,. Bertugas di Polsek Sinak Polres Puncak mendapat serangan dari KKB pada 27 Desember 2015 pukul 20.00 wit, berhasil selamat dan 4 personel lainnya gugur.

7. Brigpol Ricci Devva Ronllando dinaikan pangkat luar biasa dari Briptu ke Brigpol (Brigadir Polisi Satu ke Brigadir Polisi, bertugas di Bag Sumda selama 11 Tahun tidak pernah melakukan pelanggaran serta ikut menumpas KKB di Distrik Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya.

Kapolda Papua , Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan kenaikan pangkat luar biasa tersebut dimaksudkan untuk dapat memotivasi anggota yang lainnya.

“Patut dicontoh perbuatan yang telah dilakukan anggota yang berprestasi, diharapkan dapat memacu anggota yang lain untuk mendapatkan prestasi sebanyak mungkin, KPLB ini semuanya tidaklah ada yg kebetulan diantara rekan rekan kita ini di berikan kenaikan pangkat luar biasa karena prestasi yang di milikinya,” Tegas Kapolda.

Martuani Menambahkan penghargaan dari institusi diberikan kepada seluruh anggota Polda Papua yang berprestasi, yang telah menunjukkan kinerja yang baik kepada masyarakat yang salah satunya anggota yang terkena tembak di Kabupaten Puncak Jaya beberapa tahun lalu.

“Sehingga saya mengharapkan kepada anggota selama menjadi Polisi maka layanilah masyarakat dengan baik dan penuh tanggung jawab, dan jadilah Polisi yang profesional dan terpercaya,” terangnya.(redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here