JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM- Gerakan penghijauan tengah gencar digelar di wilayah Papua. Seperti yang dilakukan Polres Jayapura bersama Komunitas Gowes Jayapura di Bukit Teletabis, Doyo Lama, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, Sabtu (4/1).

Gerakan penanaman pohon ini dipimpin Ketua Gowes Jayapura, Kombes Pol Mulyadi Kaharni dan Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon dengan melibatkan 157 anggota Polres Jayapura dan 103 anggota Komunitas Gowes Jayapura.  Total 200 pohon telah ditanam di kawasan itu.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon mengatakan, Polri Peduli penghijauan merupakan program Kapolri Jenderal Idham Asiz.  Penanaman pohon dapat dilakukan di mana saja, baik markas polisi, halaman rumah atau daerah rawan bencana.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon menanam pohon di Bukit Teletabis.

“Tujuannya untuk menjaga alam karena pada prinsipnya kalau kita jaga alam, maka alam akan menjaga kita. Memang tidak terlihat sekarang, namun bila dijaga terus dan dipelihara mungkin 10 atau 20 tahun ke depan akan bermanfaat bagi anak cucu kita,” katanya.

Ketua Gowes Jayapura, Kombes Pol Mulyadi Kaharni menuturkan, penanaman pohon ini merupakan upaya mendukung program penghijauan yang digalakkan Kapolri Jenderal Idham Azis. Aksi penanaman pohon akan terus berkelanjutan di Papua.

Kapolres Jayapura, AKBP Victor Dean Mackbon.

 “Polri peduli penghijauan merupakan program Kapolri, setiap personil Polri wajib menanam pohon, bisa di mana saja dari lingkungan markas kepolisian, di halaman rumah ataupun di ruang – ruang yang memang dilihat bahwa ada ancaman bencana yang cukup tinggi,” tuturnya.

Penanaman pohon membidirk daerah rawan longsor, seperti di Jalan Sentani Timur yang terletak persis di kaki Gunung Cyclop. “Lereng-lereng tersebut akan  kita tanami jenis tanaman merambat atau yang berakar serabut,” katanya.

Komunitas Gowes Jayapura berfoto bersama di Bukit Telatabis.

Menurutnya, gerakan tanam pohon ini akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 10 Januari. Dia pun telah menyiapkan 1.000 bibit pohon untuk mensukseskan progam penghijauan.

“Kita akan bermitra dengan pemerintah, TNI maupun stakeholder lainnya di Kabupaten Jayapura, sehingga program ini bisa menjadi program sinergitas bersama-bersama kita peduli terhadap lingkungan,” ucapnya.

Mulyadi berharap gerakan peduli lingkungan dapat diikuti oleh seluruh mayarakat di tanah Papua, khususnya di Jayapura. “Aksi ini dapat menjadikan lingkungan asri dan daya serapan air semakin tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya,” katanya.  (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here