JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Jembatan yang menghubungkan Pantai Hamadi dan Holtekam atau masyarakat kota Jayapura sering sebut Jembatan Merah, bakal berganti nama menjadi “Jembatan Rumadji”.

Hal itu dikatakan, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPR Papua, Ignasius W.
Mimin kepada Wartawan di Jayapura, Rabu (24/10/19).

Mimin mengugkapkan, setelah DPR Papua dalam hal ini Bapemperda Bersama Ondoafi dari kampung Engros dan Tobati melakukan pertemuan bersama Ondoafi dari kampung Engros, dan Tobati pada Rabu (23/10/19), dan hasil dari pertemuan itu, telah sepakat memberikan nama jembatan itu menjadi Jembatan Rumadji.

Dikatakan, jika masalah nama jembatan ini Ondoafi setempat sudah memberikan namanya adalah jembatan Rumadij.

“Jadi apapun keputusan Ondoafi setempat, ini adalah keputusan yang final, karena mereka yang memiliki tanah dan wilayah adat yang dimana melintas jembatan tersebut,” jelas Mimin.

Menurut legislator Papua itu, permintaan mereka itu wajar, karena mereka sangat menghargai leluhur mereka ditanah ini. Sehingga kami minta Ketua DPR Kota dan Walikota agar menyetujui apa yang sudah katakan oleh Ondoafi.

“Jadi ini bukan keinginan kami DPR Provinsi, atau keinginan Pemerintah Provinsi, tetapi ini karena keinginan dari pemilik hak ulayat,” tandasnya.

Sementara itu Anggota Bapemperda Boy Markus Dawir mengatakan, kenapa nama jembatan tersebut dinamakan Rumadij, karena Rumadij itu adalah nama Ondoafi besar yang pertama.

“Nama ini kita pakai agar masyarakat kota Jayapura dan seluruhnya bisa tau tentang keondoafian Tobati, Engros yang pertama,: ucapnya.

Bahkan kata Politisi Partai Demokrat yang akrab disapa BMD ini, pihaknya juga sudah sepakati bersama dengan Pemerintah Provinsi Papua, DPR Papua dalam hal ini Bapemperda dan juga Pemerintah Kota Jayapura yang diwakili oleh Asisten III serta pihak Adat Tobati Engros dalam rapat Bapemperda pada hari.

Untuk itu tegas BMD, kami meminta agar tak permasalahkan lagi nama jembatan tersebut. Sebab nama Jembatan Rumadji sudah final dan akan dibawa dalam sidang paripurna.

“Jadi kami minta nama Jembatan ini tidak usah dipermasalahkan lagi dan nama Jembatan Rumadij ini, kami akan bawa ke sidang Paripurna untuk disahkan,” tegas Boy Dawir. (Tiara)

1 KOMENTAR

  1. Hey I am so happy I found your webpage, I really found you by
    accident, while I was looking on Digg for something else, Anyhow I am here now and would just like to say
    thank you for a marvelous post and a all round thrilling
    blog (I also love the theme/design), I don’t have time to go through it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I
    have time I will be back to read more, Please do keep up the awesome work.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here