SERUI, REPORTASEPAPUA.COM- Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Yapen memastikan stok bahan pokok di pasaran aman dan dapat memenuh permintaan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Disperindag Kepulauan Yapen, Ir. Daniel Tandilangi, MM memaparkan, stok bahan makanan pokok dari beberapa distributor besar yang menyediakan barang pokok dan strategi sangat aman menjelang perayaan natal dan tahun baru.  

Misalnya, stok beras premium, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Demikian juga stok telur yang didatangkan dari Makassar dan Surabaya dipastikan aman. 

“stok telur ayam lokal sendiri, walau tidak begitu banyak tetapi dipastikan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Untuk stok daging ayam potong dapat dipastikan ketersediaan di distributor menjelang Natal dan Tahun Baru.  Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir kelangkaan beberapa bahan pokok pada Natal.

Dia mengimbau kepada warga masyarakat serta para pedagang untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa dari barang-barang yang dijual, sehingga tidak merugikan konsumen.

Berdasarkan pantauan, sejumlah komoditas bahan makanan dan sembako di Pasar Aroro Iroro, Serui mengalami kenaikan. Salah satu bahan pokok yang mengalami kenaikan adalah telur. Ini juga dinenarkan Kela Maniambo, warga yang tengah berbelanja.

Sebelum memasuki Desember harga bawang berkisar Rp30.000 akan tetapi kenaikan hingga Rp50.000 Per kilogram. Demikian juga harga telur, sebelumnya dihargai Rp60.000 menjadi Rp80.000 bahkan Rp100.000 untuk setiap satu rak.

“Saya minta Pemerintah Daerah melalui dinas terkait dapat memantau harga bahan makanan dan sembako di Pasar Tradisional Aroro Iroro, Serui,” pintanya.

Pedagang Sembako, Hasan Basri menuturkan, kenaikan harga telur dan bawang dikarenakan terkendala pada jalur transportasi laut. Misalnya, pelayanan kapal laut milik PT Pelni yang mengangkut telur tidak sampai ke Surabaya.

“Pendistribusian telur serta bawang dari Surabaya ke jalur timur Indonesia mengalami kendala,” katanya. (Andre Woria)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here