Jelang Pilkada Serentak, Kapolda Papua Barat Kunjungi Kaimana

Kaimana,Reportasepapua. Com – menjelang Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati 9 daerah di Papua Barat. Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing melakukan kunjungan Kerja di Kaiamana,Senin (91/11). Kunjugan kerja Kapolda dalam rangka persiapan keamanan jelang Pilkada Serentak 2020.

Kapolda didampingi pejabat utama Polda Papua Barat, serta turut dalam kunjungan kerja Kapolda ini kepala BIN daerah (Kabinda) Papua Barat Brigjen TNI Hardani Lukitana Adi.
Kabid Humas, AKBP Adam Erwindi menerangkan, kunjugan Kapolda Papua Barat bersama ibu dengan Bhayangkari dan pejabat utama.

“Kunjungan Kapolda tentu dalam rangka mengecek sejauh mana kesiapan Polres Kaimana dalam menghadapi Pilkada yang tak lama bergulir,”katanya.

Setelah itu, Kapolda selanjutya melakukan tatap muka bersama personel Polres Kaimana di lapangan upacara Polres Kaimana Dalam tatap muka itu, Kapolres Kaimana AKBP. Iwan P Manurung menerangkan, saat ini di Polres Kaimana kekurangan personel. Walaupun mengalami kekurangan personel tersebut.

“Namun terus menambah semangat kita memberikan pelayanan optimal ke masyarakat di Kaimana. Tetapi memberikan rasa nyaman,”sebutnya.

Dikatanya, untuk Polres Kaimana perkekuatan jumlah personel ada sekitar 720 personel. Sedangkan untuk realnya, sampai ke Polsek – polsek dan Pospol seluruhnya 320 personel.
“Ini memang cukup kurang, namun personel Polres Kaimana tentunya memberikan pelayanan optimal di Daerah ini,” terangnya.

Sementara itu, Polsek- Polsek melewati perjalana laut dengan jarak waktu tempuh jauh yaitu
Polsek Teluk Etna, Polsek Arguni dan Polsek Buruway. Dan satu Polsek berada di dalam Kota.
“Di hadapan Kapolda, Kapolres menjabarkan, menjelang Pilkada para kandidat tahapan kampanye ada dua calon maju yang telah ditetapkan oleh KPU Kaimana, yakni Terkabul dan Risma,” terang Kapolres.

Selain itu,kapolres juga melaporkan ke Kapolda tentang jumlah DPT Pilkada Kaimana, sebanyak 32.505 dengan jumlah TPS sebanyak 168.

Dari laporan itu terbagi menjadi TPS rawan dan TPS sangat rawan. Berdasarkan hasil evaluasi sebanyak 159 TPS masuk kategori rawan, sedangkan 9 TPS masuk kategori sangat rawan.
Untuk mengcover TPS rawan dan sangat rawan kami menerjunkan 177 personel, akan kita Serpas ke wilayah kabupaten Kaimana,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, S.I.K., M.Si, dihadapan anggotanya, menjelang Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. situasi keamanan bisa diatasi.
“Dari hasil pengamatan keamanan masih bisa teratasi. Kaimana relatif bisa kita kendalikan terkait dengan keamanan jelang Pilkada,” katanya.

Kapolda mengatakan, ada beberapa Polres di wilayah Polda Papua Barat menjadi atensi lanjut dia, di Kaimana berdasarkan NPHD yang telah diterima.

“Jadi tolong dikemas dengan baik, artinya dilaksanakan sesuai kebutuhan hindari adanya penyimpangan,” tegas Kapolda.( Dhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,874PengikutMengikuti
18,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles