Jayapura, reportasepapua.com – Ratusan Aparat Gabungan TNI dan POLRI berlatih bersama dalam rangka pemilu dan pileg april nanti, yang bertempat di Depan Kantor Gubernur Provinsi Papua Jalan Soa – Siu Dok II Jayapura. 

Simulasi Pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden di Wilayah Provinsi Papua Tahun 2019 ini  dihadiri langsung oleh Kapolda Papua Irjen Pol Martuani Sormin, M.Si, Pangdam XVII/Cendrawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring, Asisten Pidana Umum Kejaksaan Tinggi Papua Bangkit Sormin,SH, Kasi Opslat Danlanud Silas Papare Mayor Pnb Iwan Suebu, Para Pejabat Utama Kodam XVII/ Cendrawasih dan Pejabat Utama Polda Papua, Danrem 172 PWY Kolonel Inf Jhonatan Binsar Parhulutan Sianipar dan 400 orang tamu undangan serta anggota kegiatan simulasi.

Kegiatan diawali dengan laporan ketua koordinator pelatihan, selanjutnya pelaksanaan Adegan Simulasi Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden Tahun 2019 dimulai dimana Para Prajurit Memperagakan adanya Kerusuhan saat Pleno Dan Penghitungan Suara Pileg dan Pilpres. 

Pangdam XVII/Cendrawasih dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan yang kita lakukan pada hari ini adalah bentuk pelatihan dan kerjasama antara TNI/POLRI.  

“Kita tingkatkan kesiapsiagaan kita semua agar dapat mengantisipasi kejadian atau kegiatan menonjol dan peliharalah kemampuan yang anda miliki sekarang, karena tanpa kemampuan kita tidak ada apa – apa,” tegasnya. 

Josua Menambahkan Biasakan menyusun Organisasi dengan baik, Maping dan petakan semua prediksi tempat – tempat mana saja yang dianggap rawan dan kita harus Pahami prosedur dan Mekanisme kerja sama antara TNI / POLRI dan Pemda setempat dan peliharalah Sinergritas sesama kita. Diharapkan apa yg kita lakukan hari ini dapat berdampak baik kepada pelaksanaan Pemilu nanti yaitu pemilu yang aman dan damai.

Kapolda Papua juga dalam kesempatannya menyampaikan bahwa hari ini sebagai mana yang telah disampaikan oleh Pangdam bahwa kita TNI/POLRI mempunyai tugas pokok menjaga keamanan demi keutuhan NKRI. Demi menjaga kesatuan NKRI, kita ketahui bersama bahwa Pasukan kita tergelar dari Sabang sampai Merauke, itu adalah Identitas kita bersama dalam menjaga dan mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pada kesempatan ini, saya sebagai Kapolda Papua menyampaikan rasa bangga saya kepada anak – anak saya yang ada didepan saya sekarang, karena atas eksistensi kalian kita kuat dalam menjaga keamanan. Pesan saya tetap pelihara kemampuan, sehingga kapan saja kita dibutuhkan kita siap dalam menghadapi segala bentuk gangguan, saya yakin Jajaran Kodam XVII Cendrawasih dan Polda Papua mampu melaksanakan Pengamanan Pemilu 2019, berjalan dengan Baik,” Tuturnya. (Redaksi) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here