Jelang PON XX, Dinas Perikanan Provinsi Papua Pastikan Stok Ikan Aman

0
221

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Secara jumlah produksi jumlah ikan yang tersedia di Jayapura khusus untuk konsumsi pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 telah rampung.

Kendati demikian, saat ini tempat penampungannya yang jadi masalah karena tempat penampungan yang ada di Hamadi, Kota Jayapura saat ini suda tidak beroperasi karena sudah lama rusak.
“pernah kita usulkan untuk penghapusan lalu bangun baru namun tahun ini baru kita bangun maka solusinya adalah kita datangkan kontener” kata Kepala Dinas Perikanan Provinsi Papua, F.X. Motte saat ditemui wartawan di Jayapura, Rabu (04/03).

Dia mengungkapkan dengan digunakannya kontainer sebagai tempat penampungan ikan hal ini akan sangat mudah untuk pemindahannya.

“ sehingga dapat di taro dimana saja lalu kita bisa tampung ikan dalam waktu satu dua bulan menjelang PON sekitar bulan September atau agustus kita sudah datangkan barang itu” terangnya

“ Semua kontener akan didatangkan dari kementerian, lalu juga dari beberapa perusahan perusahan ikan yang ada di Indonesia. Untuk daya tampung nya rata rata 200 Ton, jadi kalau 200 ton kita bisa mencukupi kebutuhan, memang jayapura ini lebih besar karena pemainnya banyak lalu jumlah official nya lalu penonton nya, pendukung setiap cabor nya dan penonton setiap cabor yang nanti datang ke jayapura, itu juga semua tergantung dari permintaan atau yang diajukan oleh teman teman di bidang konsumsi, “ lanjut Motte

Dia mengungkaokan bahwa protein dan kalori dari ikan sangat sangat dibutuhkan oleh para atlet.
“ jumlah kalori per atlit sekitar 55 kilo kalori khusus altit saja, namun sampai hari ini kan belum ada penetapan, nanti setelah ada penetapan venue dulu baru kita tahu berapa banyak atlit yang akan bertanding di kota jayapura berapa di Merauke berapa begitu. jadi saat ini yang harus didorong itu adalah Surat Keputusan (SK) penetapan, tapi dari gambaran gambaran umum kita sudah bisa lihat bahwa memang lebih banyak itu ada dikota jayapura, karena ada belasan venue dengan disiplin yang hampir puluhan begitu, “ tandasnya (Berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here