JAYAPURA, Reportasepapua.com – Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) DPD Partai Demokrat Provinsi Papua yang digelar selama dua hari di Hotel Horison Kota Jayapura, akhirnya ditutup secara resmi oleh Ketua Pelaksana Harian DPD Parta Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak, Minggu (9/2) malam.

Hasil dari Rapimda itu, Sekertaris DPD Partai Demokrat Provinsi Papua, Carolus Bolly mengungkapkan, ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan dalam rapimda tersebut, diantaranya langkah pemenangan pada Pilkada 2020 di 11 Kabupaten, serta penguatan menuju Kongres mendatang.

Menurut mantan legislator DPR Papua ini, dalam penguatan Partai Demokrat menuju kongres, para ketua DPC tingkat kabupaten meminta agar Kongres dipercepat bahkan disepakati untuk nantinya pemilihan ketua DPP dilakukan secara Aklamasi.

“Pertimbangan kongres dipercepat berdasarkan mepetnya waktu dengan agenda nasional dan hari raya Idul Fitri. Selain itu DPC juga telah sepakat untuk memajukan AHY sebagai Ketua DPP partai demokrasi secara aklamasi,” ungkap Carolus dalam sambutannya disela-sela penutupan Rapimda DPD Partai Demokrat di Hotel Horison, semalam.

Bahkan kata Carolus, dalam kongres tersebut para pimpinan DPC maupun DPD juga mengusulkan agar dalam struktur kepemimpinan baru dalam kongres mendatang ada perwakilan dari Papua yang masuk sebagai pengurus inti Partai Demokrat.

“Semua mengusulkan agar ada orang Papua yang menjadi pengurus inti. Kalau bisa masuk dalam sturktur utama seperti wakil Ketua. Oleh karena itu kami akan sampaikan hasil Rapimda ini kepada ketua DPD Pak Lukas Enembe,” tandas Carolus.

Terrkait dengan penguatan jelang Pilkada, lanjut Carolus, dalam Rapimda tersebut telah menujuk Jhon Richard Banua sebagai ketua tim pemenangan pilkada serentak pada 11 kabupaten mendatang.

“Jadi Ketua DPC Partai Demokrat Jayawijaya, Jhon Ricard Banua atau JRB terpilih sebagai ketua pemenang pilkada Partai Demokrat di 11 kabupaten. Oleh karena itu semua ketua DPC diminta harus bangun koordinasi dengan baik,” ujarnya.

Selain itu lanjut Carolus, tim DPD juga akan menurunkan tim guna melakukan survei agar dapat melihat kredibilitas calon yang akan maju dalam pilkada mendatang. Namun yang menjadi catatan penting, Demokrat lebih mengutamakan kader Partai Demokrat itu sendiri.

Sementara itu, Ricky Ham Pagawak sebagai Ketua Pelaksana Harian DPD Parta Demokrat Papua menyampaikan dengan tegas, untuk memengkan pilkada serentak pada 11 kabupaten dibutuhkan kerja sama dan komunikasi yang baik dari tingkat PDP hingga DPC.

“Kita harus bangkit dan kita harus buktikan bahwa Partai Demokrat di Papua masih berjaya. Kebangkitan ini harus kita jaga agar Partai Demokrat nantinya dapat merebut kemenangan dalam pilkada serentak di 11 kabupaten,” tegas Ham Pagawak yang juga merupakan Bupati Memberamo Tengah.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Panitia Rapimda Partai Demokrat tahun 2020, Jeremias Bisai, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Rapimda hingga sukses tanpa ada kendala.

“Puji Tuhan semua berjalan baik berkat dukungan reka-rekan terutama bantuan kasih dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga panitia bisa bekerja maksimal, walaupun ada kendala kecil dalam proses berjalan,” imbuhnya.

Namun dirinya berharap kekompakkan sesama kader Demokrat harus tetap terjaga. (tiara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here