Kamtibmas Aman Dan Kondusif, Polda Papua Sampaikan Terima Kasih Pada Seluruh Warga

JAYAPURA, Reportasepapua.com –  Pasca putusan sidang terhadap 7 terdakwa kasus dugaan makar di PN Balik Papan, Kalimantar Timur situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua aman dan kondusif.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH pun menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh lapisan masyarakat Papua yang telah mewujudkan kondusifitas wilayah tersebut.

“Memang kami monitor ada berapa titik tadi di Kota Jayapura, baik di Uncen maupun di sekitar Abe untuk melaksanakan doa bersama dan alhamdulillah puji tuhan semua berjalan dengan baik dan kita telah mendengarkan hasil putusan sidang yang telah berjalan di Kalimantan Timur,” ungkap Kabid Humas.

Hasil putusan ini tentunya ada pihak yang puas dan ada yang tidak puas, namun demikian sidang merupakan putusan hakim yang merupakan fakta siding.

“Putusan sidang yang diambil tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan dari pengadilan, kami sebagai aparat Kapolisian untuk bagaimana tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di papua. Apabila ada pihak-pihak yang tidak puas dapat melakukan langkah-langkah hukum lainnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tutur Kabid Humas.

Dikatakan, untuk wilayah Provinsi Papua atau Polda Papua kita semua masyarakat di Papua menanti putusan terhadap 7 tersangka atau terdakwa dalam proses peradilan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur yang diputus Hari Rabu (17/6/20).

“Sebelum dilaksanakannya putusan pengadilan kami pihak kepolisian telah melakukan upaya-upaya menghimbau kepada masyarakat dibantu dengan para tokoh untuk bagaimana seluruh warga masyarakat Papua ini untuk sama-sama menjaga situasi Kamtibmas ini menjadi lebih baik dan kondusif dalam situasi apapun,” ujarnya.

Untuk diketahui, bahwa respon dari seluruh masyarakat yang ada di Kota Jayapura terhadap keputusan itu ada pro dan kontra.

“Tentu itu manusiawi dan hak daripada perorangan, namun kami dari kepolisian sebagai mana kedua belah pihak ini jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama, maka tadi pagi rekan-rekan kami melaksanakan kegiatan kepolisian di seluruh tanah Papua bukan hanya di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura namun di beberapa kabupaten yang ada di Tanah Papua melakukan pengamanan terhadap situasi dan kondisi jangan sampai nanti ketika ada putusan-putusan tidak sesuai dengan harapan masyarakat ini akan menimbulkan konflik baru atau memberikan permasalah baru di tanah Papua,” beber Kabid Humas.

Mengenai putusan dari hakim pengadilan terhadap ketujuh terdakwa, kata Kabid Humas, proses hukumnya belum final.

“Kita lihat ada berapa terdakwa juga masih mikir-mikir terhadap putusan itu dan kemudian juga dari pihak penuntut dari Kejaksaan,” jelasnya.

Sehingga proses hukumnya belum final dan akan terus berlanjut.  

“Jadi barang tentu kita semua mengharapkan kepada seluruh warga masyarakat untuk tetap menjaga tanah Papua menjadi lebih kondusif, damai, terlepas dari pro dan kontra,” harapnya.(redaksi reportase)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,817PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles