JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Aksi unjuk rasa ribuan warga Papua menyikapi dugaan tindakan rasis tehadap mahasiswa Papua di Surabaya berlangsung di Jayapura Kamis (29/8/2019) mengakibatkan sejumlah fasilitas dibakar. Unjuk rasa berjalan anarkis, sebagian massa berubah menjadi perusuh, membakar beberapa toko dan kantor di Entrop dan kota Jayapura. Massa juga membakar mobil di Jalan Irian tepat didepan restoran cepat saji KFC.

Dari pantauan redaksi, ribuan massa long marc dari Abepura menuju Kantor DPR dan Gubernur Papua di Kota Jayapura. Setibanya di Kota Jayapura, sebagian massa tiba-tiba jadi rusuh. Kantor Grapari Telkomsel yang berada di Jalan Koti bersebelahan dengan Kantor Pos, dirusak dan dibakar. Lalu sebagian massa menuju Kantor Gubernur, saat melintas di depan KFC membakar sebuah mobil bak terbuka.

Sebagian massa juga melempari Hotel Yasmin yang berada di pertigaan Jalan Percetakan dan Jalan Irian. Toko yang di sebelah Hotel Yasmin jugabtak luput dari sasaran pelemparan. Massa yang terus merangsek menuju Kantor Gubernur di Jalan Soa Siu, kemudian dihalau Watercanon Polisi saat melintas di depan Markas Polda Papua.

Massaa lalu berhamburan berbalik arah, karena selain di halau dengan watercanon juga sengan gas air mata. Massa lantas lari menuju Jalan Percetakan. Tidak terihat ada aparat saat massa membuat rusuh.

Sementara di Entrop, massa membakar pertokoan dn sejumlah kios. Sempat ada perlawan dari warga terhadap massa perusuh. Sehingga terjadi saling lempar.

Hingga saat ini situasi Kota Jayapura masih mencekam. Sementara tidak terlihat adanya aparat keamanan yang berkonsentrasi. Massa gelombongan kedua juga terihat masuk Kota Jayapura untuk bergambung dengan massa lainnya yang lebih dulu di Kota Jayapura. Massa juga melemparI Mall Jayapura yang berada didepan Markas Polda Papua. Gelael yang berada tepat dibawah KFC juga tak luput dari pelemparan massa. Pemadaman lampu menjelang malam hari terjadi sehingga Kota Jayapura geap gulita. (REDAKSI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here