JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, S. IK menghadiri Rapat Persiapan Rekonsiliasi Port Numbay Rumah Besar Kita, Rumah Damai Kita Semua yang dipimpin oleh Walikota Jayapura bertempat di Aula Sian Soor Kantor Walikota Jayapura. Rabu (11/9).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Jayapura DR. Drs. Benhur Tomi Mano, MM menyampaikan kita telah melakukan pendataan kerusakan yang terjadi dan saya telah mendapatkan dana bantuan dari Menteri Sosial sebesar 1,2 Milyar lebih untuk memperbaiki kerugian dan kerusakan yang terjadi kemarin akibat pasca demo anarkis 29 Agustus lalu.

“Pemerintah Kota Jayapura dan Lantamal X Jayapura akan bekerja sama melakukan bhakti sosial di dua titik di kota Jayapura yaitu didepan Kantor gubernur dan didepan expo pada hari sabtu mendatang dan juga disiapkan bantuan kesehatan, ” Ujar Walikota.

Lanjutnya, say tidak mau ada persoalan lagi dikota dan perselisihan lagi dikota saya, saya mau kita harus damai bersama membangun kota Jayapura.

“Saya meminta agar tokoh-tokoh paguyuban dan tokoh-tokoh agama menyampaikan kepada masyarakatnya agar datang ke acara di lapangan angkatan laut, “pungkas Benhur Tomi Mano.

Sementara itu, Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK menyampaikan situasi Kota Jayapura berlangsung secara aman dan menuju ke zona nyaman, kita sudah memberikan banyak himbauan dan juga pimpinan TNI-Polri juga sudah menurunkan personil Brimob dan juga personil TNI angkatan darat serta angkatan laut yang sampai saat ini ada di kota Jayapura dan kabupaten Jayapura.

” Kehadiran banyak anggota personil BKO di Jayapura kota tolong di maklumi, ini adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk mengamankan kota Jayapura, bila mana situasi semakin membaik maka personil BKO akan ditarik kembali secara bertahap sehingga situasi kota jayapura mulai berangsur-angsur aman, “ujar AKBP Gustav.

Lanjut Kapolres, pada kesempatan kali ini kita tidak akan bicara kembali ke belakang soal permasalahan kemarin, saya tidak akan membicarakan siapa yang bersalah atau disalahkan karena kita yang ada disini semuan ingin membicarakan kota jayapura yang aman dan kedepan lebih baik, semua sudah ditangani oleh pihak berwajib sesuai dengan kesalahannya.

” Bulan ini saya telah menjaga kota ini dengan bapak Dandim karena ada beberapa oknum tertentu ingin merusak persatuan dan kedamaian di jayapura untuk pembahasan di nasional nantinya, kami sudah mengamankan 28 orang di tetapkan tersangka dan dua orang dari mahasiswa serta 5 masyarakat yang melakukan swiping di pertigaan Distrik Jayapura Selatan dan kita semua ya g ada disini bisa menerima maupun sepakat apa yang terjadi kemarin tidak boleh terurang kembali, “pungkas AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S. IK.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian masukan dari para Ketua paguyuban Se-Kota Jayapura, tokoh agama dan Mahasiswa yang diterima oleh Walikota Jayapura dan Kapolres Jayapura Kota.

Dimana tujuan rapat ini untuk mempersiapkan kegiatan Rekonsiliasi dengan thema ” SATU HATI UNTUK MERAJUK PERSAUDARAAN UNTUK MEMBANGUN KOTA JAYAPURA” Yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 September 2019 di lapangan bola Trisula Lantamal X Jayapura.

Turut hadir Dir Intelkam Polda Papua Kombes Pol. Patrige R. Renwarin, SH., M. SI, Wakil Walikota Ir. Rustan Saru, MM, Dandim 1701 Jayapura Letkol inf. Hery Tua Simatupang, Dansatrol Lantamal X Letkol Dian Tri Hutomo, Kajari yang diwakili oleh Hasta, SH., MH, Ketua Masyarakat Pegunungan Tengah Lesman Tabuni, Ketua FKUB Kota Jayapura Pdt. Willem Itaar, S.Th, Ketua PAGI Jayapura Pdt. Dr. James Wambrauw, S.Th, Ketua MUI Kota Jayapura KH. Sulham Ma’mun dan para Ketua paguyuban Se-Kota Jayapura. (REDAKSI/ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here