SUPIORI,Reportasepapua.com – Polres Supiori Melakukan penanaman pohon pada peringatan hari sejuta pohon sedunia yang juga merupakan hari lingkungan hidup Indonesia, penanaman dilakukan serentak seluruh Indonesia sesuai program   Kapolri “Peduli Penghijauan”  Jumat (10/1/2020).

Kapolres Supiori AKBP I Made Budi Darma SE memimpin langsung gerakan menanam pohon pada hari peringatan sejuta pohon sedunia dan mendukung program Kapolri dengan peduli penghijauan di wilayah kabupaten Supiori.

Turut hadir dalam gerakan penghijauan antara lain Bapak  Bupati kepala daerah tk ll Supiori yang diwakili Setda Kabupaten Supiori Drs. Hasan Nunsi, Dan Dim 1708/PVB yang diwakili Dan Ramil Supiori Utara Kapten inf Irianto, Kadis lingkungan hidup Drs.Budi Mansoben, Kepala Distrik Supiori Timur  Drs. Wilson Wadiwe, Waka Polres Supiori AKBP Ismael Imbir, PJU polres Supiori, Bhayangkari cabang, anggota TNI Polri, Basarnas, warga paguyuban dan saka Bhayangkara, guna melakukan penanaman secara simbolis 600 pohon yang terdiri dari 300 pohon manggrove dan 300 pohon campuran.

Kapolres mengatakan bahwa 600 pohon ini ditanam sesuai program Kapolri dengan peduli penghijauan, serentak seluruh Indonesia pada tingkat polres dan Polsek wilayah masing masing.

“Seperti yang kita lihat baik melalui media elektronik maupun medsos banyak bencana alam berupa banjir dan longsor di wilayah lain di Indonesia, bahkan menurut WHO cadangan air bersih dunia pada beberapa dasawarsa kedepan tinggal hingga 30 % , mungkin itu takdir tuhan namun sebagai manusia kita tidak boleh tinggal diam menerima itu dengan pasrah tanpa  usaha, kita harus instrospeksi kenapa banyak bencana akhir akhir ini, kenapa alam tidak lagi bersahabat dengan manusia, itu semua mungkin dikarenakan manusia selama ini tidak memperlakukan alam secara adil dengan pembalakan, pembakaran hutan dengan alasan masing masing kepentingannya tanpa atau kurang memperhatikan penghijauan kembali dan  juga membuang sampah tidak pada tempatnya yang mengakibatkan perubahan ekosistem menjadi tidak seimbang,” terangnya.

Kapolres pada momen peringatan ini mengajak seluruh masyarakat agar sadar bahwa kita dan alam saling membutuhkan, dengan banyaknya pepohonan akan. menghasilkan oksigen, dan manfaat lain seperti buah, kayu dan akarnya yang menyangga longsor dan menahan serapan air untuk itu  mari kita jaga kelestarian alam demi kita dan anak cucu kita, mari kita galakkan penghijauan pada lingkungan kita. (redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here