Kasus Positif Covid-19 di Papua Masih Terus Bertambah, Hari Ini Tambah 13 Kasus

JAYAPURA, Reportasepapua.com – Dari hasil evaluasi Satgas Covid-19 Papua yang dilihat sejak tanggal 7 – 14 Juni yang didapatkan tambahan kasus baru sebanyak 190 dan jumlah sampel yang diperiksa 2675 sampel.

“Berdasarkan data yang dikumpulkan hingga Pukul 18:20 Wit pada hari ini Minggu (14/6/2020), ada tambahan 13 kasus Covid-19,” ungkap Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr Silwanus Sumule dalam jumpa pers harian terkait perkembangan Covid-19 di Provinsi Papua, Minggu (14/6/20) malam.

Dengan demikian jumlah kasus positif sesuai dengan angka kumulatif di Provinsi Papua berjumlah 1255.

Dari angka tersebut dirawat sebanyak 795 pasien atau 63 persen. Sembuh 445 atau 36 persen dan meninggal dunia 15 orang atau 1 persen.

Sementara itu untuk ODP hari ini sebanyak 3239 orang dan PDP sebanyak 687 dan hingga hari ini telah dilakukan pemeriksaan PCR pada 8686 sampel.

Tambahan 13 kasus pada hari ini berasa l dari Kabupaten Jayapura sebanyak 7 orang, Kabupaten Mimika sebanyak 4, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom masing – masing sebanyak 1 pasien.

Selanjutnya disampaikan bahwa hari ini ada tambahan pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak 28 pasien yang berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 24 orang, Kabupaten Jayawijaya 1 orang, Kabupaten Jayapura 1 dan Kota Jayapura sebanyak 2 orang sembuh yang sebelumnya dirawat di RSUD Jayapura.

Untuk itu tim Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada rumah sakit di Mimika, RSU Wamena, RS Yowari dan RSUD Jayapura serta seluruh petugas kesehatan yang sudah bekerja keras sehingga hari ini ada tambahan 28 pasien yang dinyatakan sembuh

Dalam minggu ini hanya didapatkan 1 kasus meninggal dunia yakni di Kabupaten Mimika. Sementara itu untuk pasien sembuh sebanyak 159 orang.

“Kami juga sampaikan selain PCR yang ada di 2 tempat dalam hal ini di Litbangkes dan Balakesda. Alat PCR juga sudah mulai berfungsi. Baik itu di Kabupaten Mimika yaitu di Freeport dan Kuala Kencana,”ungkapnya saat konferensi pers harian secara virtual melalui aplikasi Zoom. Minggu malam (14/6/2020).

Dikesempatan itu, juga dr Sil sapaan akrabnya menyampaikan bahwa alat TCM (Test Cepat Molekular), baik yang di Merauke, Kep Yapen dan Nabire sudah bisa berjalan dengan baik.

“Kami berharap di minggu depan di Kabupaten Jayawijaya akan berfungsi. Dengan demikian tidak semua sampel harus dikirim ke Kota Jayapura,” ujarnya.

Lebih jauh dijelaskannya data yang tersampaikan sampai dengan hari ini sesuai hasil dari Tim Data Bappeda Provinsi Papua bahwa saat ini baru sampai di tanggal 9 Juni untuk angka RT (reproduksi) 1,2 RT.

Satgas Covid juga meminta perhatian khusus kepada pemerintah daerah, dalam hal ini Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Boven Digul, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura untuk menjaga pola hidup sehat seperti rajin cuci tangan, menggunakan masker jika keluar rumah, tetap menjaga jarak antara satu dengan yang lain.

Dengan demikian sesuai harapan bersama dalam waktu yang tidak terlalu lama, Covid-19 di Tanah Papua dapat segera diselesaikan. (Berti)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,813PengikutMengikuti
17,800PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles