YAPEN, REPORTASEPAPUA.COM- Komando Distrik Militer (Kodim) 1709 Yawa tengah membina generasi muda di Yapen Waropen dalam seleksi penerimaan Calon Tamtama Gelombang 1 TNI-AD tahun 2020.

Pembinaan ini dilakukan dengan memberikan pengenalan materi Garjas Kesamaptaan di Stadion Marora Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen, Jumat (20/12/2019). Selain mengenalkan tes garjas, Kodim juga melakukan pengambilan data hasil pembinaan dan pelatihan para casis binaan Kodim Yawa yang sudah berjalan selama 2 bulan.

Dandim 1709 Yawa, Letkol Inf Leon Pangaribuan, SH, selaku penanggung jawab dalam pembinaan mengatakan, pembinaan yang diberikan oleh Kodim 1709/Yawa ini sebagai upaya menyiapkan para casis agar bisa lebih siap dan lebih maksimal saat mengikuti rangkaian kegiatan tes.

“Dengan lebih siapnya para casis ini, diharapkan mampu membuka peluang yang lebih besar kepada generasi muda Yapen Waropen untuk lulus dan lolos menjadi prajurit TNI yang memiliki postur ideal, kuat, tangguh dan profesional untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI, serta menjadi Prajurit Ksatria Pelindung Rakyat,” katanya.

Pasi Pers Kodim 1709 Yawa, Lettu Inf Dilli Aryadi, selaku koordinator menyampaikan kepada para casis agar menjaga faktor keamanan saat pelaksanaan garjas. Misalnya kepala terasa pusing dan lainnya.

“Jika saat melaksanakan kegiatan adek-adek merasa pusing atau terjadi perubahan kondisi kesehatan, agar segera berhenti dan melaporkan kepada pembina agar dapat segera ditangani oleh petugas kesehatan,” ujarnya.

Sekedar diketahui, sebelum pelaksanaan kegiatan garjas, para casis ini melakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Poskes Kodim, kemudian dilanjutkan dengan senam pemanasan serta pelaksanaan garjas, yaitu lari 12 menit, pull up, sit up, push up, lunges dan shuttle run serta pemeriksaan postur. (Redaksi.adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here