Jayapura, reportasepapua.com – Ketua Komisi I DPR Papua bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Orgenes Wanimbo menilai, kinerja pegawai Lapas Abepura perlu dipertanyakan.

Menurut legislator Papua ini, sehingga dampak dari itu, sering para narapidana kabur dari Lapas Abepura.

Bahkan ia juga menyoroti sistem pengamanan di Lapas Abepura, lantaran hampir setiap tahun ada tahanan yang kabur.

Menurutnya, selama ini pengamanan di Lapas Abepura sangat lemah. Sehigga stiap tahun ada saja tahanan yang kabur.

“Kinerja pegawai lapas perlu dipertanyakan. Para tahanan ini mestinya tidak leluasa kabur. Mungkn ini karena kurang personil atau seperti apa. Kenapa bisa seperti itu,” kata Orgenes, Jumat (10/5/9).

Apalagi kata Orgenes Wanimbo, 24 April lalu sebanyak 10 narapidana kabur dari Lapas. Selain itu setelah kejadian tersebut dua narapidana meninggal dunia. Keduanya adalah Maikel Ilintamon dan Selius Logo. Kematian kedunya juga patut dipertanyakan.

“Dari kejadian itu, Lapas tidak boleh lepas tangan dengan mengatakan karena ini dan itu sebabnya. Kondisi ini tetjadi karena kinerja lapas ini buruk,” tandas Orgenes Wanimbo.

Untuk itu, tegas Orgenes Wanimbo, Lapas jangan menyalahkan semua pihak. Begitu juga dengan meninggalnya Selius Logo. Sebab kedua tahanan ini meninggal di waktu tidak terlalu lama, dan meninggal dalam Lapas.

“Jadi Kementerian hukum dan HAM harus melakukan investigasi. Investigasi sistem pengamanan dalam Lapas. Atau mungkin juga pegawai Lapas tidak serius kerja karena kurangnya perhatian,” pungkasnya. ( tiara )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here