Komisi II Dukung Ide Cemerlang Pemuda Papua dan PB Bergerak Dalam Bisnis

0
273
Ketua Komisi II DPR Papua, Mega M.F.Nikijuluw, SH didampingi Staf Ahli Komisi II DPR Papua, Sariyati Bei, SH.M.Si ketika foto bersama ratusan Pemuda-Pemudi Sorong di Hotel Vega Sorong. (Foto Tiara).

SORONG, Reportasepapua.com – Ketua Komisi II DPR Papua bidang Perekonomian, Mega M.F. Nikijuluw, SH didampingi Staf Ahli Komisi II, Sariaty Bei, SH.M.Si menghadiri kegiatan Coaching dan peluncuran 21 produk binaan PT. Papua Mandiri Inspiratif (PMI), dengan thema “Peran Pemuda Papua Dalam Dunia Bisnis” yang berlangsung di Hotel Vega Sorong, Rabu (26/2/20).

Pada kegiatan tersebut dihadiri pula Staf Khusus Presiden Gugus Muda, Billy Mambrasar, Putri Tanjung yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Gugus Muda, serta Vilta Lefaan, Founder KBLC Sorong dan Neil Aiwoy yang merupakan Direktur Eksekutif Papua Muda Inspiratif (PMI).

Papua Muda Inspiratif atau PMI adalah perusahaan venture capital yang didirikan oleh kaum muda atau anak-anak muda Papua dan dibangun khusus untuk memberikan investasi ke pengusaha-pengusaha muda Papua yang bertujuan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

Dimana kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih enam ratus orang anak muda yang berani berwiraswasta dengan mengandalkan potensi sumber daya alam Papua dan anak muda yang dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi komunitasnya.

Dihadapan ratusan kaum milenial Sorong, Direktur Eksekutif PT. Papua Muda Inspiratif, Neil Aiwoy menjelaskan jika Visi misi dari PMI adalah mendorong anak-anak muda Papua untuk dapat bersatu, bersinergi dan berkarya untuk kesejahteraan Tanah Papua dan Indonesia. Juga menginspirasi, mendorong dan mengajak lebih banyak lagi anak muda Papua untuk dapat mengembangkan dirinya serta pendampingan orang tua untuk secara terus menerus mendorong dan memotivasi anak-anak untuk berkembang dan meningkatkan soft skill pemuda-pemudi Papua dengan menyediakan mentoring dan coaching yang berkelanjutan. Meningkatkan keterlibatan pemuda dan pemudi Papua dalam program-program pembangunan.

“Terdapat 28 program binaan dan program-program tersebut telah dibina melalui pelatihan yang dilaksanakan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI),” kata Neil dihadapan ratusan pemuda-pemudi kota Sorong saat menyampaikan materi.

Bahkan anggota aktif PMI lanjutnya, sudah tersebar di 7 wikayah yang ada di Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Layanan kami, dalam permodalan usaha yakni memberikan modal usaha untuk bisnis-bisnis lokal di Indonesia Timur Papua dan Papua Barat. Dan untuk pelatihan bisnis, kami memberikan pelatihan serta inkubasi bisnis untuk menjaring calon-calon wirausaha muda Papua dan Papua Barat dalam menghasilkan inovasi-inovasi dalam pembangunan Papua,”jelasnya.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPR Papua, Mega M. F. Nikijuluw berdecak kagum terhadap apa yang sudah dilakukan kaum muda Papua dan Papua Barat.

Menurutnya ini sangat luar biasa melihat anak-anak muda Papua yang kreatif seperti Billy Mambrasar dan Neil Aiwoy dimana mereka benar-benar sebagai pemuda Papua yang inspiratif dan banyak memberikan inspirasi juga inovasi bagi pemuda-pemudi lainnya yang ada di Papua Barat maupun di Papua.

“Mereka sangat tangguh karena sudah bisa berdikari dan mandiri, dan juga bisa memberikan motivasi buat setiap pemuda di Papua Barat dan Papua.

Bahkan mereka juga menghimbau agar pemuda Papua harus bersatu. Bersatu secara keseluruhan artinya dari Papua sampai ke Papua Barat.

“Gelar itu tidak perlu panjang-panjang. Meskipun gelarnya panjang tapi kalau hanya mengejar untuk jadi seorang PNS, lebih baik menjadi penuda yang kreatif. Apalagi kita di Papua ini punya peluang bisnis begitu banyak. Hasil bumi kita ini kan banyak, begitu juga potensi alamnya yang sangat luar biasa, sehingga penuda-pemudi Papua punya banyak peluang untuk membuka usaha,” ujarnya.

Hanya saja tandas Mega, ini harus mendapatkan dukungan dari pemerintah. Apalagi Billy dan Neil ini adalah inspiratif kaula muda. Mereka berdua ini adalah penuda-pemuda yang inspiratif.

‘Saya hadir dalan kegiatan ini sebagai Ketua Komisi II bidang Perekonomian, sangat mendukung atas apa yang sudah mereka berdua lakukan untuk tanah ini, dan juga bangsa ini. Sebab saya melihat kedepannya pemuda-pemuda Papua ini kelak mereka bisa menciptakan suatu lapangan pekerjaan,” tuturnya.

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga berharap, pemerintah dapat memberikan dukungan melalui BUMD.

“Karena kita lihat di Papua dan Papua Barat ini banyak potensi alam. Seperti sayur mayur, hasil bumi lainnya dan juga hasil hutan. Itu bisa menambah pemasukan bagi mereka untuk bisa berkreasi,” pungkasnya. (yurie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here