Korban Keracunan Makanan di Asmat Akhirnya dipulangkan

ASMAT,REPORTASEPAPUA.COM – Korban Keracunan Makanan di Asmat sudah dipulangkan kerumah masing – masing, data ini berdasarkan konfirmasi kepada kepala dinas kesehatan asmat, richard mirino yang dihubungi via telepon

“hingga saat ini korban keracunan makanan telah dapat di pulangkan setelah pihak rumah sakit Agats langsung mengirim obat obatan dan tenaga dokter dan perawat ke puskesmas ajts,” Ungkpa Kadis.

Sementara itu, Wakapolres Asmat , Kompol Mursalim Mengaku saat ini pihaknya telah memeriksa pihak panitia sosialisasi dan pemilik warung makan.

“Satreskrim telah periksa pihak panitia sosialisasi dan pemilik warung makan yang penyediakan nasi bungkus untuk di santap oleh peserta yang masih dalam status saksi,” Tegasnya.

Sebelumnya Pada hari Sabtu tanggal 24 November 2018 pukul 11.30 Wit bertempat di SD Inpres Atsj Kabupaten Asmat telah terjadi kasus keracunan makanan massal setelah mengkonsumsi makanan yang disediakan oleh Panitia Sosialisasi Bangga Papua dari Sekda Kabupaten Asmat.

Dalam acara sosialisasi Bangga Papua yang dilaksanakan oleh Sekda kabupaten Asmat dibuka oleh Sekda Papua Bartolemeus Bokoropches. Pada pukul 14.00 Wit acara sosialisasi selesai dan dilanjutkan dengan pembagian makanan berupa nasi bungkus kemudian dilanjutkan dengan makanan bersama oleh peserta sosialisasi.

Pukul 15.00 Wit para peserta sosialisasi meninggalkan tempat acara dan kembali kerumah masing-masing. Pada pukul 17.00 Wit Puskesmas Atsj mulai menangani keluhan dan laporan dari warga masyarakat yang mengeluhkan muntah-muntah dan buang air. Setelah dilaksanakan pengecekan, pasien-pasien tersebut merupakan para peserta sosialisasi Bangga Papua. Selanjutnya Para korban diberikan cairan dan obat untuk mengatasi keracunan.

Sampai pukul 20.00 wit, korban yang sudah di rawat di Puskesmas Atsj sudah mencapai 79 orang yang terdiri dari Dewasa sebanyal 24 orang dan anak-anak sebanyak 55 orang. Atas kejadian tersebut Dokter dan Perawat tambahan dari Kabupaten Asmat diterjunkan dari Agats ke Distrik Atsj dengan membawa cairan dan obat-obatan.

Pukul 02.30 Wit, Para Pasien yang berjumlah sekitar 68 orang sudah mulai sembuh dan diperbolehkan untuk pulang ke Rumah masing-masing. Pukul 06.30 wit, Pasien sisa berjumlah 11 orang yang sudah mulai sembuh diperbolehkan kembali ke rumahnya masing-masing.

Tindakan kepolisian yang dilakukan yakni menerima laporan, membantu dokter dan perawat Puskesmas Atsj memberikan pertolongan medis kepada korban keracunan, mengambil sampel makanan berupa nasi bungkus yang di konsumsi oleh para korban, mengambil data dan keterangan dari Panitia Penyelenggara dari Kabupaten Asmat, membuat laporan polisi, melakukan penyelidikan dan penyidikan.(admin)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

21,718FansSuka
2,737PengikutMengikuti
17,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles