MERAUKE, Reportasepapua.com – Anggota komisi IV DPR-RI Fraksi Nasdem Soleman L. Hamzah secara terbuka mempersilahkan lembaga Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan, jika penyaluran Peralatan Mesian Pertanian (Alsintan) melalui rumah aspirasi dinilai telah menyimpang.

Hal itu disampaikan langsung oleh Soleman L. Hamzah, menanggapi pertanyaan sejumlah awak media di sekretariat DPD Nasdem, senin (27/7/2020). Tentang sebuah berita yang berjudul “terindikasi menyimpang, Bupati Frederikus Gebze minta KPK mengusut penyaluran alsintan di Merauke”.

“bagus, saya kira kalau benar itu beritanya kita juga berharap supaya lebih tertib, silahkan hadirkan KPK atau dari mana saja khusus alsintan,” sambut Soleman L. Hamzah menjawab sebuah pertanyaan awak media, tentang berita yang menyebutkan KPK diminta usut penyaluran alsintan di Merauke.

Bantuan alsintan melalui rumah aspirasi yang bersumber dari Kementerian Pertanian di nilai sudah sesuai prosedur dan tahapan, termasuk penyaluran juga dilengkapi dokumen dan bukti penyerahan sesuai data yang diserahkan ke pusat.

“seluruh proses kami laksanakan sesuai aturan yang ada dengan melibatkan dinas pertaian, mulai dari pembentukan kelompok hingga pendataan semua terverifikasi, setelah itu kami usulkan ke pusat, bahkan seluruh peralatan kirim ke alamat dinas,”

Dikatakan, Selama priode 2014 – 2019 menjabat sebagai legislator di senayan, dirinya sudah mengupayakan sekitar 400 mesin guna menunjang pertanian yang sudah di sebarkan ke kelompok pentani.

Soleman L. Hamzah mengakui, sejumlah mesin terpaksa harus di relokasi dari kelompok sebelumnya, dan juga rusak akibat usia pemakaian dan tidak tersedianya suku cadang.

“alat itu diserahkan ke kelompok petani, tapi dalam prakteknya ada yang digunakan untuk kepentingan sendiri, makanya kita evaluasi dengan mengganti kepengurusan atau di relokasi ke kelompok lain yang lebih bertanggung jawab,”

Menjawab permasalahan kerusakan, dirinya telah mengusulkan pembangunan bengkel khusus untuk menangani alsintan yang rusak, sehingga aktifitas petani tidak terganggu dengan peralatan yang ada. (Bobby)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here