KPU Bintuni Tetapkan Pasangan PMK2 Dan AYO Sebagai Calon

BINTUNI, Reportasepapua.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Teluk Bintuni Menyerahkan SK bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw dan Maret Kolop (PMK2) dan Ali Ibrahim Bauw dan Yohanes Manibuy.  Penyerahan simbolis diserahkan kepada Ketua KPU Bintuni kepada Komisioner Bawaslu, Rabu (23/9).

Komisioner KPU Bintuni, Eko Priyo Utomo menerangkan, kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati Bintuni baik pasangan Petrus Kasihiw dan Matret Kolop dan Ali Ibrahim Bauw dan Yohanes Manibuy ditetapkan.

“Dengan penetapan bakal calon sekitar pukul 15.30 wit.Jadi resmi kedua paslon baik PMK2 dan Ayo siap bertarung Pilkada pada 9 Desember 2020, ini sesuai PKPU nomor 09 pelaksanaan pleno penetapan tertutup,”katanya.

Terkait itu, hasil rapat pleno itu ke dua paslon baik PMK2 dan AYO memenuhi persyaratan.  “Dan ditetapkan sebagai bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

Menurutnya, berkas- berkas itu tidak ruang di lengkapi artinya dalam tahapan PKPU nomor 5 itu
tanggal 4 dan 6 September lalu. verifikasi syarat pencalonan.   “Ini dipahami ada dua berkas kita verifikasi, yaitu berkas syarat pencalonan,Formulir B1 KWK dan BB KWK. Dua syarat ini harus sah pada proses pendaftaran,” ujar dia Kemudian di syarat calon itu, proses verifikasinya keabsahan berkasnya 6 hingga 12 September
“Dan kita sudah laksanakan. Dalam proses verifikasi ada beberapa berkas yang kami anggap tidak memenuhi unsur keabsahan. Nah tetapi proses pendaftaran itu dinyatakan lengkap artinya berkas itu ada,”
katanya.
Sementara syarat calon, diperiksa adalah kelengkapan berkasnya ada atau tidak. Persoalan nanti, sah atau tidak dokumen itu.
“Kita verifikasi pada, proses verifikasi syarat calon. Berkas itu di verifikasi, kemudian kembalikan LO agar diperbaiki.Nah pengembalian 13 dan 14 September kita kembalikan berkaasnya diperbaiki,” ungkapya.

Dan di kembalikan KPU untuk verifikasi terhadap berkas calon tidak sah. Nah dari proses itu syarat calon itu memanuhi syarat keapsahan dokumen lengkap. “Makanya tadi, tetapkan kedua paslon siap bertanding pilkada 2020 di Bintuni,” tandasnya.
Tahapan selanjutnya, nomor pencabutan nomor urut. Rencana jam siang besok. Setelah itu 26 ada deklarasi pemilu damai dan pakta integritas. (Dhy)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

22,041FansSuka
2,873PengikutMengikuti
18,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -

Latest Articles