JAYAPURA, REPORTASEPAPUA.COM – Ketua KPU Provinsi Papua Theodorus Kossay Mengakui Pihaknya Mulai Mendistribusikan Surat Suara ke masing masing daerah khususnya di wilayah Pegunungan.

Kossay Menjelaskan Pendistribusian ini akan dilakukan hingga Rabu pekan depan dengan mengunakan beberapa alat transportasi udara dan laut seperti Johnson, Pesawat, dan Helikopter.

Dijelaskan bahwa ada beberapa Kabupaten yang  terkendala karena kondisi geografisnya, hal itu menyebabkan tim KPU belum bisa menjangkau daerah tersebut.

“Tim kami hanya bisa mendistruibusikan Surat Suara ke daerah yang kondisi georafisnya bisa dikatakan aman. Pendistribusian tersebut kami jalankan mulai hari ini Rabu, 10 April 2019,” tegasnya.

Ia menambahkan bahwa ini sesuai dengan kesepakatan dan jadwal yang sudah disepakati bersama saat rapat minggu lalu, bersama Panwas dan Bawaslu se-Kabupaten/Kota bersama pihak Kepolisian untuk dilakukan Pengawalan.

“ Mekanisme pengiriman surat suara untuk Daerah Penggunungan mulai dari KPU Kabupaten ke tiap-tiap TPS melalui Distrik ke Desa, juga dibantu oleh Tim Pemeriksa Daerah (TPD), ”

Disinggung mengenai Kabupaten Nduga yang hingga saat ini masyarakatnya yang masih mengungsi, Theodorus mengatakan pihaknya sudah membentuk tim KPU untuk ditempatkan beberapa titik yang dekat dengan daerah perbatasan Kabupate Nduga, seperti Kabupaten Jayawijya, Kabupaten Lanny Jaya dan Kabupaten Timika.

“Inilah jalur alternatif yang sudah di siapkan dan sudah di konsultasikan, agar masyarkat bisa menyalurkan hak suara mereka, namun jumlah pengungsi tersebut belum kami ketahui jelasnya, karena hingga saat ini masih menunggu info dari tim dilapangan ” ucap nya. (berti)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here